Ragu Melanjutkan Pernikahan


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. Ustadz saya seorang wanita yang akan menikah dalam waktu dekat dengan seorang laki-laki yang dikenalkan oleh teman. Baru-baru ini saya mengalami keraguan dan ketakutan yang besar untuk melanjutkan pernikahan kami karena saya mengetahui laki-laki tersebut masih mencoba berkontak lagi di medsos dengan wanita yang pernah beliau suka sejak SMA hingga lulus kuliah (~8 tahun). Ketika saya tanyakan hal tersebut dia mengaku tidak ada maksud apa-apa hanya ingin menunjukkan bahwa dia sudah move-on. Beliau minta maaf ke saya dan mengaku tidak akan mengulangi lagi. Saya sudah istikharah namun belum bisa tenang dan masih meragukan laki-laki tersebut apakah ia bisa menjaga dirinya dan menjadi imam yg baik untuk keluarga kelak. Haruskah saya mempertahankan proses pernikahan kami yang semakin dekat? Saya belum berani musyawarah dengan keluarga karena takut mengecewakan banyak pihak. Mohon sarannya ustadz.

Jazaakallah khayran.



-- Fulanah (Bandung)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Memilih calon dalam pernikahan itu seyogyanya tidak dengan berspekulasi, tetapi setelah dipastikan bahwa calon yang akan menikahi itu adalah calon yang dengan tanpa ragu telah terkofirmasi (tidak cukup hanya dengan sekedar informasi) bahwa dia adalah laki-laki yang baik agama dan akhlaknya

Yang karenanya, keraguan anda akan calon anda tersebut semestinya harus segera dikomunikasikan kepada kedua orang tua dan keluarga besar, bahkan kalau diperlukan untuk mengkofirmasi perihal kebaikan calon anda, bisa saja ditunda dulu rencana pernikahannya sampai tidak ada lagi keraguan, karena dia adalah yang menjadi pemimpin dan teladan anda dikemudian hari dan jangan sampai kekhawatiran anda akan mengecawakan keluarga, justru sebaliknya akan mengecewakan anda dikemudian hari dalam waktu yang panjang.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamui 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA