Nikah Siri

Lain-lain, 29 Agustus 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Saya sudah menikah siri dengan seorang laki-laki yang sudah beristri. saya menikah tanpa sepengetahuan istri pertamanya dan sebagai wali adalah adik kandung saya tapi dengan seizin kedua orang tua saya. pada suatu hari istri pertama suami saya mengetahui pernikahan saya dan marah besar, dia meminta suami saya untuk pilih antara saya atau istri pertamanya, suami saya bingung. disisi lain dia berat meninggalkan anak-anak dari istri pertamanya karena masih kecil-kecil. lalu dia memutuskan kembali ke istri pertamanya dan menyudahi hubungan kami. tapi dia juga masih berharap nanti kalau seandainya keadaan sudah membaik dan kalau Tuhan memberi jalan ia masih berharap kembali kepada saya. yang mau saya tanyakan:

1. apakah status nikah siri saya itu bisa di katakan gugur

2. bagaimana seharusnya jalan yang terbaik bagi kami berdua



-- Endang (Jember)

Jawaban:

Waalaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH

BU Endang ang dirahmati ALLAH SWT.

Status Anda sekarang tergantung pada suami. Apakah beliau ketika menyudahi hubungan Anda berdua dengan mengucapkan "talak atau cerai". Maka kalau dia mentalak anda, maka Anda Sudah bercerai. Tapi kalau menyudahi hubungan dengan maksud tidak bertemu selama keadaan masih kacau dan nanti kalau sudah aman baru akan berumpul lagi, Ini masih berstatus suami istri.

Bagaimana sebaiknya hubungan berikutnya? Anda sudah merasakannya sekarang bagaimana menjadi istri siri. Tanyalah hati Anda? Bagaimana kalau nanti sudah punya anak baru ketahuan? Maka pasti akan berpengaruh tidak baik bagi anak . Ayahnya akan sulit menunaikan tugasnya dengan adil. Bagaimana kondisi Anda dan kondisi istri pertama? Tentu sangat tidak nyaman seperti sekarang ini.

Tanyalah hati Anda? Pasti Anda bisa memutuskannya dengan baik.

Semoga ALLAH SWT mewujudkan keinginan Anda untuk membentuk kelurga yang sakinah.

WaLLAHU a'lam bishshawaab 



-- Selamet Junaidi