Apakah Saya Kafir?

Lain-lain, 30 September 2019

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr.wb

Saya ingin bertanya, apakah saya termasuk orang kafir? Sebelumnya saya bersama teman saya menonton sebuah film. Kemudian, dalam film tersebut ada seseorang yang membacakan sebuah buku berisi bacaan-bacaan yang tidak dimengerti oleh saya dan teman saya. Teman saya bertanya "apa yang dia baca?", Saya menjawab "entah, mungkin ayat suci Al-Quran". Saya pun tersadar bahwa saya terucap seperti itu. Jadi, apakah saya kafir? dan apakah jika saya bertaubat masih diterima? Sungguh saya sangat menyesal karena tidak menjaga lisan saya



-- Nanda (Banjarmasin)

Jawaban:

Wa'alakum salam warahmatuLLAHI wabarakkaatuH.

Nanda yang dirahmati ALLAH SWT.

Anda ketika menjawab pertanyaan teman dengan sepontan dan Anda baru sadar setelah mengucapkan. Bisa jadi ketika Anda menjawab :"entah, mungkin ayat suci Al-Quran"

Jawaban itu muncul karena Anda sering mendengar orang membaca Al Qur'an dengan cepat sehingga tidak jelas bacaannya. Mana mungkin Anda jadi kafir dengan jawaban itu. Atau perhatikan kalimat yang Anda lontarkan tidak menunjukkan pelecehan atau penghinaan atau mengingkaran kesucian Al Qur'an justru Anda mengucapkan ; "ayat suci Al Qur'an ". Terlalu jauh , tidak ada hubungan dengan sikap kekafiran. In syaa ALLAH Anda aman.

Jadikanlah ini sebagai pelajaran agar menjawab setiap pertanyaan jangan langsung memberiakn jawaban tapi difikirkan dahulu agar tidak menimbulkan keresahan bahkan penyesalan.

Dengan pertanyaan Anda ini menunjukkan bahwa Anda justru mencintai Al qur'an.

Tapi kalau Anda ingin beristighfar dan bertaubat silahkan. Itu lebih baik. Ciri calon penghuni Surga itu suka dan selalu beristighfar sebagaiman firman ALLAH SWT:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18) وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ (19)

15. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, 
16. sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.
17. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.
18. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.

19. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.

( QS. Adz Dzaariyaat )

 

WaLLAHU a'lam bishshawab

 



-- Selamet Junaidi