Masalah Dengan Mertua

Pernikahan & Keluarga, 4 Oktober 2019

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Bapak-Bapak Ustadz Konsultasi Syariah. sy mau minta penilaian dan solusi. sy dan istri sudah 3 tahun menikah, selama itu kami tinggal dengan orang tua istri. pada bulan november 2018 terjadi pertengkaran antara istri dan ortunya, sejak kejadian itu kami ngontrak. selam 3 tahun itu juga sy tidak nyaman tinggal dengan mertua karena selalu mengungkit kekurangan ato kesalahan sy, kadang istri sy juga. saat ini mertua mengajak kami kembali, tapi sy sudah tidak mau lagi tinggal bersama karena trauma kejadian dulu. tapi yg jadi masalah istri sy terhasut oleh ajakan ortunya. bagaimana caranya menyadarkan istri sy yg sudah terhasut tsb.



-- Agus S (Solo)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH.

Saudara Agus S yang dirahmati ALLAH SWT.

Kejadian yang menimpa Anda berdua dan mertua seharusnya menjadi muhasabah agar mertua  lebih bijak untuk tidak mudah ikut campur dan menyalahkan anaknya dan anaknya ( menantu )bisa menahan diri dengan memperkuat kesabaran menghadapi sikap mertua sehingga tidak mudah bertengkar.

 Untuk direnungkan ,mertua pasti merasa lebih pengalaman dari anaknya dalam berumah tangga. Sehingga mudah menilai dan memasuki serta campur tangan rumahtangga anaknya. Anak juga mudah emosi, kurang sabar dan tersinggung sehingga gampang terjadi pertengkaran.

Nah ketika mertua mengajak balik satu rumah lagi maka secara santun Anda utarakan penyebab Anda sampai mengontrak rumah. Apakah persoalan itu dijamin tidak terulang lagi? Coba apa tanggapan mertua Anda juga istri Anda?

Agar keputusan diambil untuk kebaikan semua pihak .  Sehingga keputusan untuk tetap mengontrak atau tinggal dengan mertua bisa diputuskan dengan baik dan tepat.

Jika sekarang istri Anda sudah ingin sekali kembali ke rumah orangtuanya maka secara lembut utarakan hal di atas. Jika semua pihak sudah saling memahami dan siap mencegah peristiwa-peristiwa yang lalu agar tidak terulang. BismiLLAH Anda coba berlapang dada mengikuti keinginan mereka .

Semoga ini jadi point baik Anda di hadapan mertua dan istri sehingga sikap mereka juga semakin baik kepada Anda. Dan lakukan dengan ikhlas.

Semoga ALLAH SWT memberikan keberkahan dalam keluarga Anda dalam mewujudkan keluarga sakinah. 

 



-- Selamet Junaidi