Harus Bagaimana Lagi

Lain-lain, 13 Oktober 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak Ustadz,

Sebelumnya saya pernah berkonsultasi, saya sudah berusaha berikhtiar sesuai dengan semua saran dari Pak Ustadz mengenai rumahtangga saya. Namun sepertinya suami saya dari dasar hatinya dia belum bisa menerima saya seutuhnya kembali sebagai istri. Padahal saya sudah berhijrah, saya ajak dia untuk menjadi baik, saya berusaha untuk terus Istiqomah di jalan Allah. Tapi suami selalu mencemooh saya dan menghina saya setiap ada sesuatu sikap, perbuatan, kata2 saya yang membuat dia tersinggung. Saya sungguh sakit hati pak ustadz, tapi saya tidak bisa berbuat apa2. Dia bahkan berkata, kalau saya sudah tidak kuat lagi menghadapi dia, silakan ajukan perceraian ke pengadilan agama. Saya ingin mempertahankan rumahtangga ini, tapi kalau sikap suami seperti itu bagaimana, pak ustadz? Sedangkan sesuai saran bapak, saya juga sudah pernah berusaha mencari bantuan kepada pihak keluarga suami untuk menasehatinya. Tapi, suami malah berbalik marah kepada saya karena dianggap saya menjelek-jelekkan dia. Sehingga skr dia malah berkata dia sudah tidak peduli kalo saya mau menceritakan apapun tentang rumah tangga kami ke pihak keluarga suami maupun ke keluarga saya pak ustadz. Saya sedih pak ustadz. Saya seperti sudah tidak berharga lagi untuk suami. Apa yang harus saya lakukan pak ustadz? Mohon saran dari Pak Ustadz.

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..



-- Nada (Surakarta)

Jawaban:

Waalaikum salam warahmatuLLAHI wabarokaatuH

Bu Nada yang dirahmati ALLAH SWT.

Anda harus bersyukur kepada ALLAH SWT karena ALLAH berikan karunia besar untuk hijrah. Sekarang pertahankan semangat hijrah Anda dengan perkuat keikhlasan , tetap menjaga semangat hijrah meskipun suami Anda belum berubah sama sekali.

Sekarang perkuat dalam diri Anda dua hal: Kesungguhan dan kesabaran.

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ

142. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad ( bersungguh-sungguh ) diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. ( QS. Ali 'imran )

ALLAH SWT menjamin bagi siapa yang sungguh-sungguh niscaya diberikan hidayah:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. ( QS. Al Ankabut )

Semoga Keluarga Anda menjadi harmonis lagi.

WaLLAHU a'lam bishshowaab.

 



-- Selamet Junaidi