Memilih Hotel Murah Agar Dapat Sisa Dana Perjalanan Dinas

Fiqih Muamalah, 24 Oktober 2019

Pertanyaan:

Saya melakukan perjalanan dinas dimana biaya hotel dan perjalanannya dibayar dimuka oleh perusahaan (ditransfer ke rekening sebelum berangkat). Di lokasi dinas saya memilih hotel murah yang harganya dibawah budget yang telah ditetapkan dengan tujuan saya dapat memanfaatkan sisa dananya untuk keperluan lain. Dan saya mengorbankan kenyamanan dan privasi yang seharusnya saya dapatkan untuk mendapatkan sisa dana tersebut. Saat pelaporan saya melaporkan biaya penginapan sesuai budget yang telah diberikan perusahaan. Karena jika tidak, dana yang telah ditransfer ke rekening saya akan ditarik kembali oleh perusahaan. Bagaimana hukumnya kasus saya ini dalam islam? Karna sekali lagi saya telah mengorbankan privasi dan kenyamanan saya dengan memilih penginapan yang murah untuk mendapatkan sisa dana tersebut. 

Terima kasih, wassalam. 



-- Alex Duano (Jakarta)

Jawaban:

Assalaamu alaikum

Berdusta atau berbohong adalah perbuatan yang diharamkan dalam Islam, dan tidak ada keringanan untuk berdusta atau berbohong dalam Islam, kecuali karena darurat atau kebutuhan primer yang mendesak, itu pun dengan batas yang sangat sempit.

Dan menurut pendapat saya, masalah dimana saudara berbohong dengan niat untuk mencari keuntungan materi, tidak termasuk dalam kateri darurat yang karenanya bisa membolehkan yang hukumnya terlarang

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan petunjuk ke jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA