Kebo Balek Kandang

Lain-lain, 9 November 2019

Pertanyaan:

Assalamualakum wr. wb. saya destania. saya mempunyai sedikit masalah dengan hubungan saya. saya sekarang mempunyai pacar dan orang tua dari pacar saya setuju saja jika saya melanjutkan hubungan ini tetapi orang tua saya tidak merestui sama sekali hubungan saya karena pacar saya satu desa dengan ayah saya/ kebo balik kandang dan pacar saya juga lahir didesa tersebut. saya dan pacar saya terus berusaha berdoa dan berdoa agar allah memberi jalan untuk hubungan saya tetapi terkadang saya putus asa akan hal ini apakah ini ada solusinya atau tidak? Destania ely audria (Madiun)":



-- Destania Ely Audria (Madiun)

Jawaban:

Waalaikumussalam WarahmatuLLAHI WabaraaatuH

Saudari Destania menurut agama kita Islam , tidak mengenal istilah kebo balik kandang. Boleh menikah dengan orang yang lahir sekampung, bahkan yang satu rt juga boleh.

Al-Qur’an merinci siapa saja yang tidak boleh dikawini  seorang laki-laki.

“Diharamkan kepada kamu mengawini ibu-ibu kamu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusukan kamu, saudara perempuan sepesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak istrimu yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya; (dan diharamkan juga bagi kamu) istri-istri anak kandungmu (menantu), dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan diharamkan juga mengawini wanita-wanita yang bersuami.” (QS Al-Nisa' [4]: 23-24)

Anda harus tetap menghormati orangtua. Lakukanlah pendekatan dengan sebaik-baiknya jika ingin mempertahankan dengan calon suami Anda. Maaf saya tidak menyebut pacar karena Islam melarang pacaran.

Menghilagkan kepercaaaan ini tidak mudah. Tolong dipertimbangkan yang mendekati orangtua Anda bisa calon suami, calon mertua atau Ustadz yang dipercaya oleh orangtua Anda. Dan setelah itu bertawakkallah kepada  ALLAH SWT. Apapun yang terjadi setelah Anda berusaha maksimal. Yakinlah itu keputusan terbaik . Kalau dia memang jodoh Anda maka akan lari kemana?  Kalau memang tidak berjodoh, yakinlah ada yang lain yang ALLAH siapkan untuk Anda.

WaLLAHU alam bishshawaab

 



-- Selamet Junaidi