Suami Yang Berzinah

Lain-lain, 11 November 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Saya ada ibu dari 3 orang anak. Singkat cerita saya mempunyai suami yg sangat sering menyebabkan masalah.tapi masalah yg dibuat hanya seputar pekerjaan yg kurang berhasil.

Pada akhir tahun 2018 suami saya mendapatkan pekerjaan di kalimantan tengah dan saya dlm keadaan hamil anak ke3 sebenernya saya tdk mau suami kerja jauh dan saya keadaan hamil besar, pas usia kandungan saya 9 bulan suami saya ketahuan selingkuh tapi hanya sebatas by telp sms. itu adalah perselingkuhan ke 2 dlm pernikahan dan semua selesai dy berjanji tdk mengulangi saya sangat hancur karena kok tega sekali berbuat sehina itu. masalah selesai dan suami saya setiap 3 bln sekali pulang cuti selama 1 mnggu usia bayi saya 3 bln suami pulang cuti dan saya merasa ada yg tidak beres dan ternyata benar ketahuan untuk yg ke 3x. alasannya karena wajah saya kusam setelah melahirkan sangat tidak terawat katanya. akhirnya saya memutuskan untuk fokus merawat wajah saya.

Setelah itu suami pergi kerja lg setelah 3bln suami plg cuti lg dan lagi saya merasa ada yg tidak beres dan akhirnya suami ketahuan lg selingkuh yg ke 4x. penyebabnya adalah berat badan saya saat setelah hamil melonjak dan saya belum diet karena masih menyusui. masalah selesai dy berjanji untuk tdk akan mengulangi...

Suami balik kerja lg selama 3bln dan kembali cuti.suasana tenang tapi seperti ada kegelisahan dan entah kenapa saya merasa ini adalah sesuatu yg besar pas 1 hari sebelum suami berangkat kerja lg saya mendapati suami ada kirim sms aneh bahwa dy tdk bisa telp. Saya ambil no hpnya dan saya telpon, dunia serasa gelap hancur berdiri rasanya tidak sanggup bahwa wanita itu bilang sedang hamil 2 bln...saya mengklarifikasi suami saya dan suami saya mengaku benar menghamilinya.

Saya tdk bisa berfikir dan rasanya ingin mengakhiri semuanya.selama ini saya berfikir saya lah yg salah dan kurang menjadi istri. Tpi saat ini saya berfikir bahwa suami saya yg tidak bersyukur terhadap apa yg diberikan ALLAH SWT.

Saat ini suami saya sedang meyakinkan saya bahwa dy benar2 berubah...saya tidak akan lemah saya sedang mempersiapkan semuanya saya tdk tau rencana ALLAH SWT seperti apa..

Saya tidak sanggup mempunyai suami seperti itu...tapi anak anak saya masih kecil dan butuh kasih sayang bapak.

Keluarga dari suami sangat support ke saya untuk ttep sabar dan bahagia.

Apakah saya berdosa karena meminta cerai?

Sedangkan kalau dipertahankan saya sangat tdk mempercayainya lg dan saya sangat jijik jika bertemu dengannya lagi.

Tetapi saya sangat berat terhadap anak2 saya.

Syukron.

 



-- Maya (Samarinda)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam warahmatuLLAHI wabarokaatuH.

Bu Maya yang dirahmati ALLAH SWT.

Istri yang menggungat cerai karena suami selingkuh atau zina itu hukumnya halal atau memang diperbolehkan , karena suami seperti itu memang sudah termasuk suami yang lalai akan kewajibannya menjadi seorang suami 

Namun apabila anda ridha dalam menerima dan percaya kalau suami anda bisa berubah tidak ada salahnya anda mencoba memaafkan suami anda dan tidak bercerai dengan suami anda.

Apalagi anda sudah memiliki anak pastinya anda akan sangat sayang dan merasa kasihan kalau anak nanti akan tumbuh tanpa adanya seorang ayah yang sebagai panutan.

Usahakan anda bisa buat perjanjian atau suami Anda berjanji di hadpan orang tuanya, tidak akan mengulang perbuatan zina dan beliau harus menyatakan taubat nasuha. Sambil Anda juga terus berbenah diri menjadi istri yang lebih baik lagi secara lahir dan batin.

Perbanyak pula istighfar Anda dan doa kepada ALLAH supaya dianugrahi kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga. 

Selain itu tunjukkan perhatian dan cinta Anda pada suami terutama ketika beliau jauh dari Anda melalui komunikasi hp apalagi kalau beliau pulang karena beliau pasti merindukan Anda dan tunjukkan bahwa anda juga sangat merindukannya.

Semoga ALLAH SWT menjaga keluarga Anda tetap sakinah dalam keadaan apapun.

WaLLAHU a'alam bishshowaab 



-- Selamet Junaidi