Kebimbangan Hati Antara Kerja Dengan Lanjut Menyelesaikan Semester Akhir

Lain-lain, 5 Desember 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Saya bimbang ustad,

orang tua ku terlilit utamg yang sdah tidak bisa di bayar sedangkan saya sudah semster akhir semester 12 tepatnya.

orang tuaku maunya saya sarjana, disisi lain saya fikir kalau saya lanjut kuliah namun dak kerja otomatis orang tua pinjam uang lagi katanya mau gadai sesuatu (riba) saya takut sama riba ustad. Karena tujuan utama saya kerja itu saya mau lunasi utang ibu ku dan berusaha melepaskan dari riba.

 

Saya sll berfikir gelar sarjana hanya di pakai di dunia, sedangkan saya anak pertama mana tega saya lihat ibu ku di kejar2 penagih tiap hari. Ibu ku hampir stres ustad, saya juga stress melihat ibuku seperti itu.

saya bingung ustad saya harus memilih apa ... 

 



-- Sarlina Syafruddin (Makassar)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH

Sungguh Anda adalah anak yang mulia dan lembut hati.

Anda jangan menyerah karena Anda sudah semakin mendekati puncak. Bunda Anda sungguh luar biasa!, luar biasa!. Semoga ALLAH SWT segera melepaskan Anda dan Bunda  dari jerat hutang. Jangan menyerah! Yakinlah ALLAH SWT akan mudah membebaskan masalah Anda jika benar-benar bertawakkal kepadaNYA:

إِنْ كُنْتُمْ آَمَنْتُمْ بِاللَّهِ فَعَلَيْهِ تَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُسْلِمِينَ

jika kamu beriman kepada Allah, maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri." ( QS. Yunus 84 )

Bersama ALLAH Pemilik Segalanya ini , jangan memilih yang kecil jangan memilih yang sedikit, jangan memilih yang kurang sempurna tapi pilih yang terbaik dan paling sempurna.

Minta dengan sungguh-sungguh dan tetap bersungguh-sungguh berusaha melalui cara yang ALLAH ridhoi. Yakinlah ALLAH Yang Maha Pemurah pasti menunjuki jalan keluar terbaik seperti janjiNYA:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

69. Dan orang-orang yang berjihad ( bersungguh-sungguh )untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

( QS. Al Ankabut 69 )

Pebanyaklah membaca doa ini agar keluaga Anda terbebas dari jeratan hutang:



اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." ( HR. Abu Dawud )
 
Dan lantunkan juga doa ini
 

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563 )

Tataplah ke depan , cita mu dan Bunda akan jadi nyata 

WaLLAHU a'lam bishshawaab

 



-- Selamet Junaidi