Berselisih Dengan Mertua

Lain-lain, 26 Desember 2019

Pertanyaan:

Assalammualaikum ustadz, mohon nasehatnya. sudah satu setengah tahun saya tinggal dengan mertuaku saya. tetapi saya merasa tidak nyaman karena mertuaku saya selalu menyinggung saya dengan sikapnya, saya sudah membicarakan masalah saya kepada suami agar dia bisa memberikan solusi atau tanggapan tentang masalah kami.. tetapi suami malah bersikap acuh tak acuh, bahkan seringkali mendiamkan saya berhari2 dan kadang nada bicaranya meninggi. yang saya inginkan hanyalah sebenarnya saya ada salah apa, kalau saya ada salah tolong katakan sesuatu tapi tidak baik suami maupun mertuaku tidak mengatakan apapun. hanya bersikap seperti itu terus menerus.. sekarang apa yang harus saya lakukan. hati saya sudah lelah dan bingung.. bicara tidak bicara sama saja.. mohon nasehatnya..

 



-- Zakiah Syafei (Palembang )

Jawaban:

Wa'alakum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH

Bu Zakiah yang dirahmati ALLAH SWT.

Setiap keluarga di dunia ini pasti mengalami cobaan atau godaan.   Maka sikap Anda adalah pertahankan cinta Anda (mawaddah) dan kasihani beliau(rahmah) dengan usaha sunggu-sungguh penuh ketulusan ,kesabaran dan lembut..

Pertama.    Kuatkan kesabaran  karena kesabaran adalah kekuatan yang bisa menjaga keutuhan keluarga Anda. Dengan kesabaran ALLAH berkenan memberikan pertolongan ( " ALLAH MENYERTAI ORANG-ORANG YANG SABAR" ).

Kedua, Jadikah peristiwa ini sebagai momentum Anda untuk lebih baik dan menarik di hadapan suami dan mertua dengan  evaluasi diri dan perbanyak istighfar. ALLAH sendiri menjamin akan adanya keindahan, kebahagian bersama istighfar:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

3. dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. ( QS. HUD )

Ketiga. Jangan su'uzhan  kepada suami Anda yang diam dan cuek atas keluhan Anda padanya. Bisa jadi beliau bingung menenmpatkan posisinya sebagai anak dan suami. Mungkin ini sikap terbaik menurut beliau. Karena itu ikuti sikap beliau ;diam dan cuak saja dengansikap mertua. Justru Anda harus termotivasi untuk memperbanyak kebaikan dan bantuan kepada mertua Anda. Semoga kebaikan-kebaikan tulus Anda pada beliau akan menghapus sikap-sikap yang membuat Anda tersinggung. Inilah yang RasuluLLAH saw ajarkan pada kita:

اتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن

"Bertakwalah kamu kepada Allah dimana saja kamu berada dan ikutilah setiap keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapuskannya, serta pergauilah manusia dengan akhlak yang baik." ( HR. Tirmidzi 1910 )

Yakinlah badai pasti akan berlalu. Semoga keluarga Anda semakin sakinah dan selalu dalam lindungan ALLAH Yang Maha Penyayang.

WaLLAHU a'lam bishshawaab

 



-- Selamet Junaidi