Status Pernikahan

Lain-lain, 28 Desember 2019

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum... Saya mau menanyakan status pernikahan saya dalam islam. Istri saya telah mengusir saya dari rumah tanpa sebab yg saya tau. Dan dengan sikap yg emosi saya menuruti itu. Lalu saya sudah keluar rumah sudah 7 bulan. Tetapi saya masih tetap berkunjung untuk melihat dia dan anak". Terkadangpun saya selalu memberi rezeki ke dia disaat saya ada. Karna penghasilan saya yg tak tentu. Suatu ketika istri dan anak"saya kecelakaan dan itu membuat saya intens ketemu mereka dan merawat mereka. Sekarang saya ingin kembali lagi kerumah dan memulai semuanya dengan lebih baik. Bagaimana status saya dengan istri selama ini, dan saya tidak pernah berucap kata talak ke istri selama masalah kami itu. 



-- Andre (Depok)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH

Pak Andre yang dirahmati ALLAH SWT.

Benar Pak Andre Anda masih bersetatus Suami dengan istri Anda. Karena kata putus atau cerai antara suami istri ada pada tangan suami dan Anda tidak pernah menceraikan istri Anda. 

Sungguh terpuji sikap Anda yang mampu menahan diri dan sabar menghadapi  sikap kasar istri Anda. Ditambah lagi  Anda menjaga  untuk tetap menjalankan kewajiban  dengan merawat dan memberi nafkah kepada anak dan istri.

Semoga berkumpulnya Anda sekarang dengan anak dan istri adalah moment terindah dan sangat membahagiakan.

WaLLAHU a'lam bishshawaab.



-- Selamet Junaidi