Keikut Campuran Mertua

Lain-lain, 4 Januari 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad saya mau bertanya .. saya adalah seorang istri yang tinggal bersama mertua dan saya kadang sering pulang kerumah orangtua saya karna suami saya kerja diluar pulau .. suami saya tadinya tidak keberatan trus setelah ortunya ngomong sama dia ngak tau saya ngmong ap stlah itu suami saya jd merasa kbratan .. dan suatu hari saya plng kerumah ibu saya dan menginap 3 hari suami saya tadinya ngak merasa kbratan dan setelah dia menerima tlfon dari ibunya suami saya terus bilang gini sama saya " udah sekarang kamu dirumah ibumu saja dan jangan pulang kerumah saya lagi dari pada nanti kamu malu sendiri" dan semenjak itu nomer saya diblokir sama suami saya dan kita sudah satu minggu lost kontak dengan dia .. apakah dalam hal in saya bersalah ustad

 



-- Era Lufiana (Magelang)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuH.

Bu Era lufiana yang dirahmati ALLAH SWT.

Kalau Anda tinggal di rumah mertua maka bila Anda ingin pulang ke rumah orangtua maka seharusnya izin suami dan mertua karena beliau pemilik rumah. Kalau dua hal ini sudah dilakukan maka tentu Anda tidak salah. 

Sepertinya Anda tidak izin kepada mertua tetapi izin kepada suami saja. Jika demikian segera meminta maaf kepada mertua Anda.

Dan selanjutnya bicarakan baik-baik masalah ini kepada suami dan mertua Anda agar kepulangan Anda ke rumah orangtua mendapat restu keduanya.

Semoga persoalan Anda ini bisa selesai dan Anda, suami serta mertua bisa saling memahami posisi dan kedudukan masing-masing sehingga bisa saling menghargai dan menyayangi.

WaLLAHU a'lam bishshowaab



-- Selamet Junaidi