Hukum Pernikahan

Pernikahan & Keluarga, 16 Januari 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Ustadz

saya ingin bertanya bagaimana hukumnya dalam pernikahan ketika seorang suami mengucapkan pertanyaan kepada istrinya. Jadi begini Ustadz, jika ada suami yang bertanya ke istri dia dengan pertanyaan -gimana hubungan kita mau lanjut atau tidak?- lalu dijawab istri dia -terserah kamu-. hukum pernikahan mereka bagaimana Ustadz?apakah tanya jawab suami istri diatas termasuk kinayah?

terima kasih jawaban Ustadz.



-- Indra (Sukabumi)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr.wb.

Pengaruh dari tanya jawab suami istri seperti diatas itu terhadap status pernikahan mereka, tergantung dan ditentukan oleh lanjutannya.

Jika tanya jawab tersebut hanya berhenti sebatas itu saja, maka yang seperti itu belum memberikan dampak apapun terhadap perubahan status hukum pernikahan mereka. Berarti ikatan pernikahan mereka masih tetap utuh seperti sebelumnya.

Adapun jika tanya jawab tersebut masih berlanjut, maka untuk mengetahui dampak dan efeknya terhadap hukum pernikahan, kita harus tahu dulu apa dan bagaimana lanjutannya. Karena dari situlah kita baru bisa tahu, apakah status pernikahan telah terpengaruh dan terdampak karenanya ataukah tidak!

Demikian tanggapan singkat dari kami. semoga bermanfaat.



-- Ahmad Mudzoffar Jufri, MA