Menikah & Pindah Agama

Pernikahan & Keluarga, 3 Februari 2020

Pertanyaan:

Saya mau nanya, saya punya adik ipar, awalnya dia kristen karena ortunya kristen.

Lalu suatu ketika menikah dengan orang islam & dia menjadi mualaf. Saat itu memiliki beberapa anak. Namun pada akhrnya brcerai.

Lalu sekitar 2 tahun. setelah bercerai dia menikah lagi dengan orang islam juga & menikah secara islam. Namun setelah menikah ternyata dia beralih agama lagi kembali ke kristen & istrinya juga diajak untuk menjadi kristen. Entah keluarga si istri tau ato tidak, saya sendiri juga tidak tau betul karena saat hari rayapun mereka juga merayakn bersama-sama. Dan setelah punya anak dengan istri sambungnya dy resmi dibaptis.

Yang ingin saya tanyakan disini adalah dengan kondisi yang saya ceritakan tersebut, lalu apakah pernikahan mereka akan tetap sah?? Lalu orang yang seperti saya ceritakan diatas itu apakah suami termasuk murtad ato bagaimana?? Dan untuk si istri sambung apakah dia dosa besar melakukan itu??

Mohon pencerahanny, thx.



-- Vio (Surabaya)

Jawaban:

Wa'laikumussalaam wrwb.

Seorang wanita muslimah hanya boleh untuk dinikahi oleh seorang laki laki muslim saja, Kalau ia dinikahi oleh seorang muallaf, tetapi kemudian suaminya kembali keagamanya awal yaitu kristen, maka akad nikahnya menjadi batal atau rusak dan kalau berhubungan berarti telah berbuat zina, karena suaminya telah keluar dari agama barunya yaitu Islam yang berarti ia telah murtad (na'udzubillah)

Demikian, semoga Alllah berkenan untuk meneguhkan kita semua dalam agama-Nya 

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA