Terhalang Restu Karna Adat Jawa Balik Kandang

Pernikahan & Keluarga, 22 Februari 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustadz, saya kaka dari solo mau sedikit curhat dan barangkali ustadz bisa memberi arahan kpd saya.

jadi saya punya pacar, dia orang klaten dan saya orang solo. kami sama2 dr adat jawa. tapi ortu dia tidak membolehkan dia melanjutkan hubungan dengan saya. padahal kami berniat mau menikah tahun depan. keluarga saya tdk percaya dg adat.. ya memang saya dn keluarga menghargai adanya adat istiadat, tp itukan mitos terdahulu. sedangkan dalam islam tidak ada mengenal adanya balik kandang. tapi pihak ortu dari laki2 percya hal itu. jadi saya brusaha meminta hak hubungan kami dr ortu dia. saya dukung dia dn mau perjuangin hubungan kami, saya tidak mau karna adat yang turunan dari nenek moyang jadi penghalang restu. padahal dalam islam tidak mengenal kata seperti itu, menikah dg siapa saja diperbolehkan. saya minta sarannya dari ustadz, langkah apa yang mesti saya ambil karna dia kadang nurut sama ortu tp dia kadang juga menentang. karna gak adil bagi kami jika adat yang kadang gak masuk akal menjadi penghalang sebuah hubungan.



-- Kaka (Surakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr.wb.

Masalah pernikahan kalau sudah berhubungan dengan adat istiadat yang dipercaya oleh sebagian pihak terkait, memang selalu pelik dan sangat dilematis. Maka kitapun tidak boleh menyikapinya secara sederhana. Karena masalahnya terletak pada kepercayaan dan keyakinan. Sehingga masalah besar yang kita hadapi disini adalah bagaimana bisa mengubah kepercayaan dan keyakinan tersebut?

Jadi Anda, keluarga Anda dan calon Anda semuanya harus fokus pada poin ini: bagaimana caranya agar kepercayaan dan keyakinan ortunya tersebut bisa dipengaruhi dan diubah. Dimana untuk tujuan itu, sebaiknya yang melakukannya bukan calon Anda lebih-lebih siapapun dari pihak keluarga Anda. Melainkan sebaiknya diupayakan dan dilakukan oleh seseorang seperti ustadz misalnya salah satu kerabat calon dan lain-lain, yang cukup berpengaruh atau bisa diterima serta didengar oleh pihak ortu calon. Jadi sampaikan pada calon agar mencari sosok seperti itu yang insyaallah bisa membantu. Selain itu, tentu juga jangan pernah putus bermunajat memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala Dzat Yang Maha segala-galanya.

Demikian jawaban singkat dari kami, semoga manfaat. Seraya kami iringi dengan doa semoga Allah memberikan rahmat karunia-Nya berupa solusi terbaik baik dalam masalah yang sedang Anda hadapi secara khusus maupun dalam kehidupan Anda secara umum.



-- Ahmad Mudzoffar Jufri, MA