Ketidaksengajaan Kalimat Taklik

Fiqih Muamalah, 12 April 2020

Pertanyaan:

Assalamu alaikum wr wb

Madad ya rasul mohon maaf ustad mohon maaf mengganggu saya mohon solusinya ustad karena ketidak tahuan, ketidak sengajaan dan kedangkalan ilmu saya ustad.

Saya pernah berbicara didepan istri saya yg bunyinya seperti ini "demi allah saya tidak akan lagi bicara seperti itu terkecuali apabila kamu syirik, selingkuh, tidak sholat, dan tidak membaca sholawat"

Adapun maksud kata kata saya disana ustad agar menekan dan melarang diri saya untuk tidak mudah bicara kearah talak bukan maksud menggantungkan syarat untuk menceraikan istri saya ustad. Dan untuk kalimat " terkecuali apabila kamu syirik, selingkuh, tidak sholat, dan tidak membaca sholawat" saya spontan mengucapkannya tidak ada perencanaan dan tidak ada niat membuat ini syarat ustad. Saya bicara seperti itu semata mata agar lisan saya tidak mudah atau melarang berkata kata kearah talak. dan 1 minggu terakhir ini saya menjadi was was ustad, tidur saya terganggu, sholat saya selalu diganggu kalimat kalimat itu ustad seakan akan ada dorongan dan bisikan untuk menyudahi hubungan ustad tapi tetap saya lawan ustad. Mohon dibantu ustad solusinya disini kami berdua tidak ingin pisah ustad dan hubungan kami baik baik saja ustad.

mohon dibantu ustad solusinya

Terimakasih



-- Idi (Banjarmasin)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Belum difahami, kata-kata yang terucap dari anda sebelum anda mengucapkan sebagaimana anda tuliskan itu kata yang bagaimana?



-- Agung Cahyadi, MA