Bisikan Hati

Lain-lain, 11 Mei 2020

Pertanyaan:

Assalamu alaikum ustadz saya mengalami apa yang di katakan orang dengan sebutan paranoid setiap saya metasa ketakutan saya di bisiki nazdar murtad lalu bagaima caranya untuk kembali ke islam 



-- Ali Mukti (Surabaya)

Jawaban:

Wa alikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Paranoid Paranoid (bahasa Yunani Kuno: παράνοια, paranoia) adalah gangguan mental yang diderita seseorang yang meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Dikatakan sebagai bentuk gangguan bila perilaku tersebut sifatnya irasional, menetap, mengganggu, dan membuat stress.

Paranoid bisa menimbulkan halusinasi yaitu mendengar suara tanpa ada sumber suara. Sesuatu itu tidak nyata adanya, tapi terasa nyata. Contoh seseorang merasa ada yang membisikinya untuk murtad, untuk bunuh diri, untuk mendurhakai Allah dan seterusnya. Karena itu semua tidak nyata dan tidak atas dasar kehendak sadar darinya maka tidak ada hukumnya apa-apa. Karena itu semua hanya sekedar halusinasi. Kecuali jika halusinasinya diwujudkan dalam tindakan nyata atas dasar kehendak sadar dirinya maka itu baru ada hukumnya. Contoh dia berhalusinasi bernadzar untuk murtad, lalu dia wujudkan kemurtadannya itu dengan keluar dari agama islam secara sadar maka dia dihukumi murtad dan jika dia mau masuk islam maka dia harus bertaubat dan bersyahadat kembali. Wallahu alam (as)



-- Amin Syukroni, Lc