Was Was

Lain-lain, 21 Mei 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum..

Apakah saya termasuk telah menyamakan dan menyekutukan Allah. Saya sudah dua bulan yang lalu mengalami was was menghina Allah, nah tapi baru baru ini saya merasakan bahwa saat ketika saya sedang sholat atau berwudhu, kan di depan saya ketika saya sedang sholat itu tembok, fikiran saya tuh seolah mengatakan bahwa tembok itu yang saya sembah, tembok itu allah, padahal saya tidak menginginkan kata kata itu 

Nah apakah saya termasuk orang musyrik, dan bagaimana cara menghilangkannya



-- Isma Dini Nursalamah (Bandung )

Jawaban:

Wa alaikum salam rahamtullahi wabarakatuhu

Was-was atau ragu-ragu,tidak yakin dan curiga muncul karena adanya ketidak pastian ,maka kita disarankan untuk meninggalkan yang meragukan ,lebh memilih yang meyakinkan. Rasulullah bersabda:

“ دَعْ مَا يَرِيْبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيْبُكَ.”

رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ، وَقاَلَ التِّرْمِذِيُّ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Tinggalkanlah yang meragukanmu lalu ambillah yang tidak meragukanmu.’” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Maka jawaban dari pertanyaan diatas kembali kepada jawaban saudara penanya , apakah dia yakin telah menghina Allah atau tidak. Jika yang terjadi hanya sekedar  lintasan pikiran yang kadang muncul dan pergi ,maka hal itu tidak sampai memasukkan pelakunya kepada kesyirikan. Cuma agar lintasan pikiran itu tidak berlarut-larut,maka saat dia muncul segeralah tepis dan hilangkan dari pikiran dan perasaan, lawan lintasan pikiran itu dengan kata-kata dalam hati dengan kata-kata yang sebaliknya. Misal: “ saya menyembah tembok,tembok adalah Allah” maka harus dibantah dalam hati dengan kata-kata “ aku hanya menyembah Allah,Allah bukan tembok”, dan seterusnya. Dan kata-kata yang melawan lintasan pikiran buruk itu harus diucapkan berulangkali setiap kali muncul lintasan pikiran buruk itu, ditambah dengan memperdalam pengetahuan tentang Allah, insyaAllah lintasan pikiran itu akan berangsur-angsur hilang. Wallahu alam (as)



-- Amin Syukroni, Lc