Islami

Lain-lain, 9 Juni 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum..Ustad saya mau bertanya..

Saya sedang d luar negri..saya punya anak dari suami pertama dan dia sudah tidak memberikan nafkah pada anak saya..pertanyaannya..apa kah suami kedua saya berkewajiban memberikan nafkah pada anak saya???sdg kn saya d luar negri..

Tolong penjelasannya ustad..



-- Rini Suryani (Cianjur)

Jawaban:


wa  alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Ayah kandung wajib memberikan nafkah kepada anak kandungnya dan suami wajib memberi nafkah kepada istrinya. Allah berfirman :

وعلى المولود له رزقهن وكسوتهن بالمعروف

Dan suatu kewajiban bagi seorang ayah untuk menanggung rezki (nafkah)  dan pakaian terhadap para istri dan anak anaknya. (Q.S. Al Baqarah : 233)

Sementara ayah tiri tidak wajib memberi nafkah kepada anak tirinya. Hubungan antara anak tiri dan ayah tiri adalah hubungan kasih sayang semata. Sehingga jika ayah tiri tidak memberi nafkah kepada anak tirinya ,tidak ada dosa baginya,tapi dianggap tercela secara hubungan kasih sayang. Kalau ayah tiri memberi nafkah kepada anak tirinya,hal itu akan bernilai sadaqah.

Maka jika Anda sedang di luar negeri ,sebaiknya suami Anda yang dulu,ayah kandung dari anak anda dinasehati agar memberi nafkah secukupnya dan sewajarnya. Tapi jika dia tidak mau memberi nafkah,maka andalah yang harus menafkahinya. Wallahu alam bishowab (as)



-- Amin Syukroni, Lc