Hukum Waris Istri Tanpa Anak Dan Saudara Kandung

Waris, 17 Juni 2020

Pertanyaan:

Saya adalah pria memiliki seorang kakak laki-laki bernama JS yang telah wafat tanggal 13 April 2019 dan meninggalkan seorang istri bernama U yang dinikahi tahun 2014 tanpa punya anak.
Saya memiliki 4 saudara kandung (2 pria dan 2 wanita) dan kedua orang tua kami telah wafat.
Sebelum menikah dengan U, kakak saya JS telah mencicil rumah mulai tahun 2010 (dengan periode cicil 15 tahun dan akan otomatis cicilan lunas jika kakak JS wafat).
Sejak kakak JS lulus SMA tahun 1987 s.d. wafat tahun 2019, beliau juga telah bekerja di PT. MR, sehingga pada saat wafat memiliki uang pensiunan (minimal dana Jamsostek).
Adapun pertanyaan saya adalah:
1. Bagaimana cara pembagian harta warisan rumah kakak JS menurut agama Islam kepada saudara kandung dan mantan istrinya?
2. Apakah dana pensiunan (Jamsostek) termasuk harta warisan yang harus dibagikan juga kepada saudara kandung sebagai ahli waris selain mantan istrinya?



-- Boma Nuroso (Malang)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Berdasarkan penjelasan anda, maka Ahli Waris dari kakak anda almarhum adalah: Istri dan 4 saudara kandungnya ( 2 laki laki dan 2 perempuan)

Dan semua aset/harta peninggalan almarhum (setelah dikurangi semua hutang beliau) selain pensiunan adalah harta warisan yang harus segera dibagikan kepada ahli warisnya, Adapun pensiunan itu bukanlah harta warisan, tetapi dia adalah hak istri sesuai dengan ketentuan negara.

Adapun pembagian harta warisan almarhum adalah sebagai berikut :

1). Istri = 1/8

2) 4 Saudara = Sisa warisan atau 7/8, dengan cara pembagian 2;1 (laki-laki mendapatkan 2 bagian dann perempuan mendapatkan 1 bagian)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemuudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA