Suami Mencari Wanita Lain

Pernikahan & Keluarga, 21 Juni 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Saya sudah berumah tangga selama hampir 5 tahun. Saya berpacaran selama kurang lebih 5 tahun juga. Jadi saya mengenal suami sudah kurang lebih 10 tahun. Sejak masa pacaran kami memang tidak secocok pasangan lain, dan kami pun tidak sebahagia pasangan lain. Tapi entah kenapa kami sama2 yakin untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. walalupun banyak orang terdekat kami yang meragukan keputusan kami. Seperti halnya masa pacaran masa pernikahan pun kami lalui dengan banyak pertengkaran. Tapi hingga kini kami belum juga sepakat untuk bercerai..

Sampai hari ini suami saya menjalani operasi. saya bisa membuka akses hp nya yang sangat jarang saya lakukan. saya bisa melihat semua isi dari hp suami saya dan terkejut ketika menemukan ada akun fb yang berbeda di hp nya. saya menemukan dia mencari akses pasangan yang siap menikah. Beberapa bulan lalu saya pernah melihat di akun fb nya yg asli dia mengakses jasa nikah siri. banyak jasa nikah sirih yg dia akses, tapi saya abaikan. Karena suami saya tidak bicara apapun masalah itu saya pikir dia hanya iseng saja.

Saya membuka chatnya dengan beberapa wanita yang tidak dia kenal, dan dia mencari info tentang mereka yg bertujuan untuk saling mengenal..

Jujur sangat sakit rasanya membaca semua chat itu. bahkan ada yg menanyakan keberadaan saya. seakan akan saya menjadi barang lama yg siap untuk dimusnahkan.

Saya bingung harus apa sekarang, saya takut salah langkah, saya ikhlas jika harus berpisah tapi tidak mau ada keributan. dan saya juga memikirkan anak saya. kasian dia jika kami berpisah. tapi saya tidak tau apakah saya kuat menghadapi kondisi sekarang dan yang akan datang. Mohon bantuan nya ..trima kasih..wassalam..



-- Dila (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Siapapun dari kita yang berkeluarga, tentu menghendaki kedamaian dalam kehidupan rumahtangganya, karena hanya dengan suasana damai sajalah, suami istri akan bisa membangun dan mengatur rumah tangganya dengan baik

Namun yang namanya problem dan masalah keluarga itu memang bisa terjadi dalam rumah tangga siapa saja, termasuk di keluarga anda tentunya, sebagaimana anda telah ceritakan, tetapi yakinlah bahwa anda tidak sendirian

Dan ketika terjadi masalah dalam keluarga yang bisa menyebabkan hilangnya suasana damai, mestinya harus segera diupayakan untuk diurai dengan berbagai cara, agar suasana damai bisa kembali bisa dirasakan bersama.

Upaya untuk mengurai masalah tersebut bisa dimulai dan in syaaAllah akan efektif, kalau ada kesiapan suami istri untuk membangun komunikasi yang baik, dengan masing2 menyampaikan masalah yang dirasakan, dilanjutkan dengan  saling memberikan masukan, memusyawarahkan masalah yang ada, dan bila diperlukan bisa menghadirkan fihak ketiga yang mempunyai kompetensi untuk menjadi penengah

Dan karena itu, seyogyanya anda tidak membiarkan masalah berlarut larut tidak ada ujungnya, Untuk itu segeralah komunikasikan hal tersebut dengan suami anda, ajaklah duduk bersama dengan cara yang baik dan dengan bahasa yang lembah lembut, pilihlah waktu yang kondusif, sehingga suasana komunikasi bisa berjalan dengan baik, cair dan bahkan santai, Kemudian komunikasikan masalah anda kepada suami, kalau diperlukan hadirkan fihak ketiga yang kalian berdua yakini mempunyai kompetensi dalam hukum pernikahan dan kalian yakini mampu untuk menjadi penengah dalam mengurai problem yang sedang anda hadapi dalam upaya bersama mencari solusi terbaik.

Kalau upaya maksimal untuk memperbaiki keadaan telah anda lakukan, tetapi suami tetap dengan sikapnya, maka barangkali perceraian bisa menjadi solusi terakhir yang bisa anda tempuh dengan cara yang baik baik

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrw



-- Agung Cahyadi, MA