Puasa Kaffaroh

Akhlaq, 3 Juli 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum

apakah misalnya ada seseorang yang berjanji atau bersumpah 3 kali tapi janji atau sumpah tersebut diingkari, apakah harus puasa kaffaroh 9 hari?

waalaikumsalam



-- Abdullah (Surabaya)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr.wb.

Janji dan sumpah, dengan syarat isinya tidak mengandung unsur pelanggaran, sama-sama wajib ditepati dan dipenuhi. Sebagaimana juga sama-sama berkonsekuensi dosa bila dilanggar tanpa alasan yang dibenarkan.

Tapi terkait dengan konsekuensi hukum yang berupa kaffarat (tebusan pengganti) terdapat perbedaan antara keduanya. Dimana kewajiban kaffarat berlaku pada pelanggaran terhadap sumpat dan tidak berlaku pada pelanggaran terhadap janji.

Dan kaffaratnya untuk pelanggaran terhadap setiap kali sumpah adalah seperti yang terkandung di dalam QS. Al-Maidah ayat 89. Yakni dengan memberi makan kepada sepuluh fakir miskin atau memerdekakan seorang budak (tapi yang ini sekarang tentu sudah tidak ada). Dan jika si pelanggar sumpah tidak mampu, maka baru diganti dengan kaffarat pengganti berupa puasa selama tiga hari tanpa adanya ketentuan khusus dalam pelaksanaannya.

Demikian jawaban dari kami, semoga manfaat.



-- Ahmad Mudzoffar Jufri, MA