Modal Usaha Hasil Pinjam Rentenir

Lain-lain, 6 Juli 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Ustadz saya mau tanya saya berniat usaha dagang karena tidak punya modal akhirnya saya cari pinjaman ke saudara dan teman tapi hasilnya nihil tidak ada yang memberi pinjaman , satu satunya jalan ada rentenir yang mau kasih pinjam dengan syarat ada bunganya , saya harus bersikap bagaimana ?



-- Andri (Bandungm)

Jawaban:

Waalaikum salam warahmaytullahi wabarakatuhu.

Pinjaman yang mensyaratkan adanya bunga adalah riba. Hukumnya haram. Allah berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. [al-Baqarah:275)

Rasulullah bersabda:Barangsiapa yang menambah atau meminta tambahan, maka ia telah berbuat riba.” (HR. Muslim)

Dan Rasulullah juga bersabda:

لعن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم آكل الربا وموكله وكاتبه وشاهديه، وقال: (هم سواء). رواه مسلم

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknati pemakan riba (rentenir), orang yang memberikan / membayar riba (nasabah), penulisnya (sekretarisnya), dan juga dua orang saksinya. Dan beliau juga bersabda, ‘Mereka itu sama dalam hal dosanya’.” (HR. Muslim).

Mengingat haramnya riba,maka tinggalkan niat bisnis dengan meminjam modal ke rentenir, pilihlah pekerjaan lain atau carilah bisnis yang tidak memerlukan pinjaman seperti jual beli sebagai reseller, membantu pemilik barang menjualkan barangnya dengn imbalan tertentu atau menggunakan sistem modhorobah,bagi hasil dan lain-lain.

Semoga Allah swt membantu hamba-hambaNya yang berusaha mencukupkan diri dengan yang halal dan menjaga diri dan keluarganya dari yang diharamkan Allah swt. wallahui alam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc