Apakah Jatuh Talak Dari Kata Kata Berikut.

Pernikahan & Keluarga, 18 Juli 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum,

Kepada Dewan pengasuh konsultasisyariah.net

Ijinkan saya bertanya dan menyampaikan cerita lewat media ini.

Berikut yang akan saya sampaikan.

 Saya bertanya ke Istri, apakah saya pernah berbicara Talak yang Shorih, seperti : ‘’ aku ceraikan engkau, atau aku talak engkau, atau abang talak adek, atau abang ceraikan adek ( Saya dan Istri saling memanggil dengan panggilan abang dan adek )? Beliau menjawab insya allah tidak pernah. 

Suatu kesempatan saya lupa, dan bertanya lagi ke istri dengan ucapan seperti ini,

Dek, ini hanya bertanya, apakah pernah terucap Talak yang Shorih, seperti : ‘’ aku ceraikan engkau, atau aku talak engkau, atau abang talak adek, atau abang ceraikan adek.

Apakah dari pertanyaan yang saya ucapkan tersebut, mengakibatkan jatuhnya talak? Saya bermaksud bertanya terkait hal lampau apakah pernah berucap seperti itu, dan bermaksud memberitahu ke istri bahwasanya ucapan tersebut dapat berakibat jatuhnya talak mengingat saya ucapkan kata shorih, cuma bertujuan untuk bertanya mencari jawaban.

Apakah saya bertanya kepada dewan pengurus konsultasi syariah lewat media ini mengakibatkan jatuh talak? Dikarenakan terkadang waswas mengganggu pikiran saya.



-- Abu Khalid (Sumbar)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ketika kalimat yang sharih anda sampaikan kepada istri tetapi dalam bentuk pertanyaan, maka seribu kalipun anda sampaikan, tidak akan menjatuhkan hukum talak

Dan untuk itu, berarti anda dan istri masih sah sebagai suami dan istri

Masalahnya kemudian bagi anda adalah bagaimana anda harus mampu menghilangkan penyakis was was itu.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

 



-- Agung Cahyadi, MA