Game Online

Lain-lain, 22 Juli 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Ustadz izin bertanya tentang poin yang diperoleh dari game online. Kemudian kita jual ke orang lain, dan kita dapat uang. Apakah uang yang kita peroleh itu boleh? Terima kasih banyak atas penjelesannya.

Wassalam



-- Husna (Banda Aceh)

Jawaban:

Walaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Jual beli adalah muamalah, bukan ibadah mahdhah, yang hukum asalnya adalah mubah, kecuali ada larangan yang melarangnya.

Untuk sahnya jual beli ada beberapa syarat yang harus terpenuhi antara lain :

  1. Penjual dan pembeli adalah orang yang baligh dan akil dan melakukan jual beli atas dasar kerelaan. Allah ta’alaberfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

“… janganlah kalian saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang timbul dari kerelaan di antara kalian…” (QS. An-Nisaa’: 29)

  1. Barang yang diperjual belikan bukan barang yang diharamkan untuk diperjual belikan, memiliki manfaat, milik penuh penjual dan bisa diserah terimakan.
  2. Tidak ada unsur riba. Allah berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“… padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” (QS. Al Baqarah: 275)

Poin hasil dari permainan di game  adalah salah satu barang yang mubah diperjual belikan,maka uang yang diperoleh dari jual beli poin hukumnya mubah. Wallahu alam bishowab (as)



-- Amin Syukroni, Lc