Jin

Lain-lain, 29 Agustus 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum pak ustadz

Saya mau bertanya

Saya pernah melihat Hadist yang katanya jika kita mendengar ayam berkukuruyuh maka ayam itu sedang melihat malaikat,jika kita mendengar ringkikan keledai maka keledai itu sedang melihat jin.

Pertanyaan saya adalah

 



-- Bagas (Jawa Tengah)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Hadits yang menerangkan bahwa ayam bisa melihat malaikat dan keledai bisa melihat setan adalah hadits berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Apabila kamu mendengar kokok ayam jantan, maka mohonlah kemurahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena pada saat itu ayam tersebut sedang melihat malaikat. Sebaliknya, apabila kamu mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari segala kejahatan setan. Karena pada saat itu, keledai tersebut melihat setan.” (Hadis Bukhari No. 3058)

Hadits diatas menerangkan perkara ghaib yaitu adanya malaikat dan setan ,bahwa kedua makluk itu nyata adanya dan bukan kayalan . Mempercayai  keberadaan malaikat dan setan  adalah bagian dari iman.

Disamping itu hadits tersebut juga memerintahkan kepada kita agar setiap kali kiita mendengar kokok ayam jantan agar kita berdoa kepada Allah,memohon kebaikan kepadaNya. Dan jika mendengar ringkikan keledai ,kita dperintahkan untuk berlindung dari kejahatan setan yang terkutuk. Karena saat itu aayam jantan sedang melihat malaikat dan keledai sedang melihat setan.

Apakah saat ayam berkokok dia sedang melihat malaikat dalam wujud aslinya ? dan apakah keledai melihat setan dalam wujud aslinya? Kami perpendapat bahwa kedua binatang itu melihat makluh gaib itu dalam wujud aslinya. Karena dalam hadits itu tidak keterangan  yang menerangkan bahwa kedua binatang itu melihat makluk gaib itu dalam wujud yang tidak sebenarnya. maka  pengertian hadits itu harus kita bawa kepada makna asal yaitu ayam melihat mailaikat dalam wujud aslinya dan keledai melihat setan dalam wujud aslinya . wallahu alam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc