Tentang Jual Beli

Fiqih Muamalah, 2 September 2020

Pertanyaan:

Bismillah.... tolong kasi saya jalan apa yang harus saya lakukan.seorg membeli barang saya dan sudah membayar sebagian Nya. katanya sisanya Nya nanti 3 hari kedepan. namun 3 hari kedepan dia tidak juga membayar sisanya.dua pekan kemudian dia mengembalikan barang itu dengan alasan dia tidak cocok. seandainya dia meminta uang yg sudah diberikan kepada saya ( dp) , apa yang harus saya lakukan???



-- Dewi Salsabila (Bantaeng)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Dalam akad jual beli yang sudah desepakati bersama antara pembeli dan penjual, maka salah satu dari keduanya tidak boleh untuk membatalkan kecuali ada kesepakatan yang telah dilakukan sebelum transaksai jual beli tersebut dilakukan.

Dalam hal yang melakukan pembatalan perjanjian jual beli (wanprestasi) adalah fihak pembeli, maka anda sebagai penjual tidak wajib untuk mengembalikan uang muka (DP) tersebut.

Pada prinsipnya jual beli adalah perjanjian yang didasarkan pada kesepakatan bersama yang harus dilaksanakan dan tidak boleh dirubah sefihak tanpa ada persetujuan dari fihak lainnya.

Dalam kasus anda, pembatalan sefihak oleh teman anda (pembeli) merupakan bentuk inkar janji (wanprestasi), sehingga ia tidak boleh membatalkan pembelian tersebut dengan menyuruh anda sebagai penjual untuk mengembalikan uang muka yang sudah ia bayarkan, tetapi kalau anda dengan baik hati mengembalikan sebagaian atau semuanya, maka akan menjadi amal baik anda yang in syaa Allah berpahala.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamiu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA