Hukum Tidak Sengaja Menghina Allah

Lain-lain, 7 September 2020

Pertanyaan:

assalamualaikum wr wb. ustazd saya mau bertanya, 

Apakah tidak sengaja menghina Allah termasuk murtad? 



-- Ali Hariadi (Kendari)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Orang yang menghina Allah tanpa sengaja tidak menjadikan pelakunya murtad,keluar dari Islam. Cukuplah baginya bertaubat . Allah maha pengampun kepada hambanya yang mau bertaubat,meskipun hamba itu datang dengan dosa-dosa besar. Allah berfiman:


‎قُلْ يعِبَادِىَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيم

“Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-KU yang melampai batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Az Zumar: 53)

 

Allah sangat senang dengan hambanya yang bertaubat melebihi senangnya hamba saat mendapatkan kesenangan besar. Rasulullah saw bersabda:

Sesungguhnya Allah sangat gembira dengan taubat hamba-Nya ketika ia bertaubat pada-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang berada di atas kendaraannya dan berada di suatu tanah yang luas (padang pasir), kemudian hewan yang ditungganginya lari meninggalkannya. Padahal di hewan tunggangannya itu ada perbekalan makan dan minumnya. Sehingga ia pun menjadi putus asa. Kemudian ia mendatangi sebuah pohon dan tidur berbaring di bawah naungannya dalam keadaan hati yang telah berputus asa. Tiba-tiba ketika ia dalam keadaan seperti itu, kendaraannya tampak berdiri di sisinya, lalu ia mengambil ikatnya. Karena sangat gembiranya, maka ia berkata, ‘Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan aku adalah Rabb-Mu.’ Ia telah salah mengucapkan karena sangat gembiranya.” (HR. Muslim).

Hadits diatas menunjukkan bahwa ucapan kufur atau menghina Allah – pada hadits diatas dikatakan Allah sebagai hamba- yang tidak disengaja tidak mendapat hukuman. Wallahu alam bishowab (as)



-- Amin Syukroni, Lc