Apakah Jadi Ibu Susuan

Fiqih Muamalah, 4 Oktober 2020

Pertanyaan:

Assalamulaikum. Maaf ustad saya ingin bertanya.  Sebenarnya saya malu dan merasa berdosa sekali. Tapi rasa ada yang mengganjal di hati saya jika saya tidak bertanya. Saya telah melakukan dosa zina dengan pacar saya 3x . Dan saya ingin bertaubat pada Allah dan merencanakan pernikahan dengan laki-laki itu. Tapi yang mengganjal sekarang,  pacar saya mengatakan ketika kami berhubungan dia beberapa kali terminum asi payudara saya.1) Apakah kami boleh menikah ustadz?  2) Apakah status saya sekarang menjadi ibu susuan laki-laki tersebut? Saya padahal tidak menyusui ataupun hamil, tapi asi saya  ada keluar keluar sedikit. Saya terakhir menyusui anak saya 6 tahun lalu. Mohon penjelasannya ustadz, karena saya jadi takut menikah dengannya. Kami berencana mau menikah dalam waktu dekat ini. Terimakasih

 



-- Nova (Kalimantan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Dosa besar yaitu berzina itu hanya bisa diampuni dengan bertaubat dengan benar kepada Allah, dan untuk bertaubat itu tidak boleh untuk ditunda tunda harus segera dilakukan setelah sadar akan perbuatan dosa tersebut (QS. 4:17-18)

Adapun hukum menikah dengan laki laki yang pernah menzinai anda tersebut itu boleh, dan dia bukan anak susuan anda karena untuk menjadi anak sesusuan ada syaratnya, diantaranya anak tersebut menyusu kepada seorang ibu saat berumur dua tahun kebawah.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA