Zodiak

Lain-lain, 13 Oktober 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum pak ustadz

Saya pernah mendengar katanya jika membaca zodiak maka amalan tidak diterima selama 40 hari. Bagaimana jika kita tidak sengaja membaca zodiak?

Apakah amalan tetap tidak diterima 40 hari?

Wassalamu'alaikum



-- Budi (Jawa Tengah)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Zodiak adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13. Wikipedia.

Zodiak menempati tempat khusus di media massa, bahkan dibuatkan kolom khusus dan mendapat respon yang cukup baik dari penikmat media tersebut. Zodiak dikaitkan dengan ramalan nasib seseorang terkait rejeki, jodoh, nasib dan lain-lain .

Hukum membaca zodiak di majalah atau media lainnya terbagi menjadi dua:

  1. Jika membaca hanya untuk sekedar mengetahui dan mempelajari apa sesungguhnya yang dibahas dalam kolom itu,sehingga dapat diketahui letak kebatilannya hukumnya mubah.
  2. Jika membaca zodiak dengan niat ingin mengetahui hasil ramalan untuk dirinya atau orang lain dari zodiak itu maka hukumnya haram, hukumnya seperti mendatangi tukang ramal.Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.” (HR. Muslim).

Maksud shalat tidak diterima di dalam hadits itu adalah shalatnya tidak mendapatkan pahala,tapi tetap menggugurkan kewajiban. Jadi shalat baginya tetap wajib dikerjakan meskipun tidak mendapatkan pahala,sehingga tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak shalat karena merasa shalatnya tidak akan diterima Allah swt.

Adapun orang membaca zodiak tanpa ada unsur kesengajaan maka tidak ada dosa baginya. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc