Talak

Pernikahan & Keluarga, 3 November 2020

Pertanyaan:

Seminggu lalu sy dan suami bertengkar hebat, dan kemaren 2 nov suami ucapkan talak via wa, "dg ini km bukan istri sy lagi, saya talak km"

Apakah itu sah? Berhubung sy mualaf, ilmu agama sy masih sangat rendah, saya tanya ke bbrpa teman pria. Mrka bilang talak sha jika di ucapkan 3x.

Mohon pencerahan. Dan jika mau rujuk bagaimana cara nya 



-- Vita (Bandung )

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Talak itu adalah hak suami, dalam arti yang bisa menjatuhkan talak itu adalah suami, sementara istri hanya mempunyai hak untuk minta talak, keputusan talak tetap hak suami atau pengadilan

Dan talak itu bisa jatuh melaui ucapan langsung atau melaui tulisan yang ditujukan kepada istri, bahkan bisa juga melalui utusan yang diiutus suami untuk menceraikan istrinya

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka tulisan suami anda via WA yang dikirimkan ke anda dengan kalimat "... saya talak kamu" itu telah berakibat hukum, yaitu jatuhkan talak' Dan kalau itu untuk yang pertama kali terjadi, maka berarti jatuh talak satu, dan dengan jatuhnya talak satu, maka akibat hukumnya bagi anda sebagai istri, adalah bahwa semenjak wa tersebut anda baca, maka anda dalam keadaan masa iddah talak satu (masa tunggu yang lamanya 3 X haidh), Dan selama dalam masa iddah itu, ikatan pernikahan anda dengan suami belum rusak, sehingga anda masih dalam tanggungan suami (*tempat tinggal tidak berpisah, nafkah tetap menjadi hak anda), Dan apabila suami anda mau meruju'/kembali menjadikan anda sebagai istri, maka suami bisa langsung mengucapkannya atau dengan berhubungan suami istri, dengan tanpa harus melakukan akad ulang. Tetapi kalau masa iddahnya sudah berlalu dan suami belum meruju' anda, maka akad nikah anda dengan suami secara otomatis rusak dan anda bukan lagi dalam tanggungan suami anda, dan ketika sudah berlalu masa iddah, ternyata suami anda mau ruju' kembali, maka harus melakukan akad nikah ulang sebagaimana akad nikah saat menikah dulu.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA