Penjelasan

Lain-lain, 15 November 2020

Pertanyaan:

assalamu alaikum ustad mau tanya saya mendengar ustad di youtube menjelaskan arti 2 kalimat syahadat dengan aku bersaksi tidak ada tuhan yg haq untuk di sembah selain alloh dan aku bersaksi sesungguhnya nabi muhammad utusan alloh ini yg benar selain ini keliru katanya namun ada beberapa habaib di saat menuntun muallaf dengan arti aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali alloh dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad utusan alloh juga ada seorang ustad penceramah yg menuntun orang murtad dengan arti para habaib tersebut apakah islam mereka batal ? dan saya mengartikannya dengan aku bersaksi tidak ada tuhan kecuali alloh dan aku bersaksi nabi muhammad utusan alloh apakah juga batal karena tidak menambahkan kata ,bahwa,?



-- Ali Mukti (Surabaya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Lafadz dua kalimat syahadat :

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad saw adalah rasul utusan Allah”

Itulah arti yang biasa dipakai untuk mengartikan dua kalimat syahadat. Adapun yang Anda tanyakan pengartian kalimat syahadat dengan:

  1. “aku bersaksi tidak ada tuhan yang haq untuk di sembah selain alloh dan aku bersaksi sesungguhnya nabi muhammad utusan alloh”
  2. “aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali alloh dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad utusan alloh”
  3. “aku bersaksi tidak ada tuhan kecuali alloh dan aku bersaksi nabi muhammad utusan alloh”

Sesungguhnya ketiga arti itu secara umum adalalah sama. Sama-sama benar,tidak ada yang salah,hanya pada arti No. 1 ada penegasan dan penjelasan dari kata “ Tuhan”. Bahwa Tuhan yang dimaksud adalah “Tuhan yang haq/benar untuk disembah”

Silahkan mengambil arti yang manapun, semua benar. Karena ketika tidak ada tambahan penjelasan “yang haq untuk disembah” kita tetap memahami seperti itu. Wallahu alam bishowab.



-- Amin Syukroni, Lc