Mas Kawin

Lain-lain, 18 November 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum.

Yth. Redaksi Konsultasi Syariah., Saya Ingin Bertanya Tentang Mas Kawin. Ketika Menikah, Suami Saya Memberikan Mas Kawin Sperti Kalung., Apa Saya Boleh Menukarkan Kalung Mahar Dari Suami Saya Dengan Cincin Kawin?? Mohon Penjelasannya.

Wslkm..

__Mirna (Manado) 



-- Mirna (Manado)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Maskawin atau mahar adalah apa yang diberikan kepada istri karena sebab pernikahan. Mahar yang telah diberikan kepada istri menjadi milik penuh dirinya dan dia berhak memperlakukan mahar itu sesuai dengan kehendak hatinya seperti barang  pada umumnya. Istri boleh menjualnya, boleh menghadiahkannya, boleh menukarnya, termasuk boleh mengubahnya dalam bentuk lain seperti mahar kalung dirubah menjadi cincin dan seterusnya.

Suami atau orang tua tidak memiliki hak terhadap mahar. Adapun sebagian orang menyimpan mahar dan menjadikannya barang kenangan hal itu sah-sah saja,sebagaimana dia juga sah-sah saja untuk menjualnya atau menukarnya dengan barang lain. Tradisi orang menilai mahar sebagai barang yang berharga dan bernilai nostalgia hal itu tidak mengubah status bahwa mahar adalah milik istri yang boleh diperlakukan dengan apa saja. Wallahu a’lam bishowab (as)



-- Amin Syukroni, Lc