Konsultasi Tentang Penyakit Was Was

Sholat, 12 Desember 2020

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustad Saya mau konsultasi 

Saya tadi baru saja selesai sholat dhuha , pada saat saya sampai pada gerakan sujud  saya mencium bau, saya khawatir kalau itu kentut, tapi saya tak merasakan sedikit pun angin yang keluar dari dubur saya, itu sering tejadi, bahkan saat saya sedang dalam keadaan membaca alfatihah dalam sholat 

Itu bagaimana ya ustad?



-- Rayhan Aryah Fath (Tangerang Selatan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb. 

Ada kaedah yang biasa disebutkan oleh para ulama,

اليقين لا يزول بالشك

“Yang yakin tidak bisa dihilangkan dengan ragu-ragu.”

Imam Al Qorofi dalam kitab Al Furuq mengatakan, “Kaedah ini telah disepakati oleh para ulama. Maksudnya adalah setiap ragu-ragu dijadikan seperti sesuatu yang tidak ada yang dipastikan tidak adanya.”

Abu Daud berkata, “Aku pernah mendengar Imam Ahmad ditanya oleh seseorang yang ragu mengenai wudhunya. Imam Ahmad lantas berkata, jika ia berwuhdhu, maka ia tetap dianggap dalam kondisi berwudhu sampai ia yakin berhadats. Jika ia berhadats, maka ia tetap dianggap dalam kondisi berhadats sampai ia berwudhu.” Lihat Masail Al Imam Ahmad, hal. 12.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

كُلُّ احْتِمَالٍ لَا يَسْتَنِدُ إلَى أَمَارَةٍ شَرْعِيَّةٍ لَمْ يُلْتَفَتْ إلَيْهِ

“Setiap yang masih mengandung sangkaan (keraguan) yang tidak ada patokan syar’i sebagai pegangan, maka tidak perlu diperhatikan.” (Majmu’ Al Fatawa, 21: 56)

Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, maka bau yang anda cium saat anda sujud dalam shalat dhuha tersebut, yang anda tidak yakini keluar dari dubur anda, bahkan anda yakin bahwa anda tidak mengeluarkan angin dari dubur anda, maka in syaa Allah tidak membatalkan wudhu anda, yang karenanya juga tidak membatalkan shalat dhuha yang anda sedang kerjakan

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemjudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA