Tahiyat Dalam Shalat Maghrib

Sholat, 31 Desember 2020

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak Ustadz yang dirahmati Allah,

Pak Ustadz mohon pencerahannya, jika kita shalat maghrib dan mendapati imam telah lewat ruku dirakaat kedua apakah itu artinya kita melaksanakan 4 kali tahiyat atau 3 kali tahiyat? soalnya di lingkungan saya ada beberapa jamaah yang tidak tahiyat dirakaat kedua hitungan rakaatnya makmum yg masbuk, karena sebelumnya sudah 2 kali ikut tahiyat bersama imam, yg pertama ketika imam tahiyat awal dan makmum belum masuk hitungan 1 rakaat, yg kedua ketika imam tahiyat akhir dan makmum baru masuk hitungan rakaat pertama, akan tetapi ketika makmum masuk hitungan rakaat keduanya makmum, makmum tersebut tidak tahiyat dan langsung berdiri setelah sujud, rakaat ketiga dia melaksanakan tahiyat yg ketiga atau tahiyat akhir.

Demikian dari saya Pak Ustadz, mohon maaf apabila ada kekhilafan mohon diluruskan, terima kasih pak ustadz atas perhatiannya.



-- Jaka Alamsyah (Bandung)

Jawaban:

Wa;alaikumussalaam wrwb.

Dalam shalat berjamaah ada ketentuan yang wajib untuk diikuti oleh makmum, yaitu mengikuti semua gerakan imamnya

Yang karenanya, apabila anda masbuk dalam shalat jamaah maghrib, dimana saat anda datang imam sudah berada dalam rakaat kedua, maka tahiyyah anda akan menjadi tiga kali, yang pertama karena kewajiban mengikuti gerakan imam, yang kedua sebagai tahiyyat anda yang pertama, dan yang ketiga sebagai tahiyyah akhir anda

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA