Sholat Subuh

Sholat, 9 Januari 2021

Pertanyaan:

Assalamualikum ustadz, saya melisha seorang mualaf baru beberapa bulan . Selama ini saya belajar sholat subuh alhamdulilah selalu telat waktu bangun bahkan tanpa alarm saya sudah terbangun sendiri. Tapi akhir2 ini gatau kenapa saya selalu telat bangun,sudah pasang alarm tapi ttp saja saya bangun set 6, saya udah coba merombak jam tidur saya lebih awal tapi ttp saja saya bangun jam set 6 selalu begitu. Saya sampe bingung harus bagaimana lagi supaya bisa bangun tepat waktu seperti pada awal nya, padahal sebelum tidur malem saya udah menaruh niat untuk bisa bangun subuh tapu entah kenapa itu tidak bekerja sama sekali. Mohon saran nya ustadz supaya saya bisa memperbaiki problem saya ini?karna jujur saja dirumah non-muslim semua sehingga tidak ada yg membantu untuk membangunkan saya. Terimakasih 🙏



-- Melisha (Surabaya)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

WAKTU Shalat Subuh sangatlah pendek, jadi lebih baik bangun lebih cepat sebelum adzan. Shalat Subuh juga terbilang sulit bagi sebagian orang karena waktunya masih terlalu pagi, saat banyak orang masih enak-enaknya tidur.

Oleh karena termasuk yang sulit, maka fadhilah (keistimewaan) dari Shalat Subuh sangat banyak bahkan disaksikan langsung oleh malaikat.

Allah berfirman:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

 "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat)."(Qs. Al-Isra’: 78).

Karenanya upayakan untuk senantiasa bermohon kepada Allah agar berkenan untuk memberikan bimbingan dan kemudahan, upayakan sebelum tidur membaca doa atau shalawat pada Nabi SAW dengan niatkan agar Allah SWT berkenan untuk menghindarkan terlambat bangun shalat subuh.

Selain itu ada beberapa tips supaya tidak kesiangan ketika akan shalat subuh, diantaranya:

1. Niat atau tekadkan yang untuk bangun shalat subuh.

2. Hindari begadang. Usahakan tidur di awal malam

3. Berwudhu sebelum tidur karena ada keistimewaan di dalamnya. Rasulullah bersabda yang artinya : "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, dan malaikat akan bersama di dalam pakaiannya. Tidak akan bangun ketika berdoa, Ya Allah ampunilah tidur hambaMu si fulan. Karena dia tidur dalam keaadaan bersuci" (HR. Ibnu Hibban disahihkan Syuaib Al-Arnauth dan Al-Abani).

4. Jangan lupa pasang alarm.

5. Minta tolong teman muslim anda untuk membangunkan meskipun via hp.

6. Jangan lupa membaca dzikir sebelum tidur, supaya dijaga malaikat saat tidur. Dari Jabir bin Abdillah dinyatakan:

"Apabila manusia terbaring di tempat tidurnya, maka malaikat dan setan akan menghampirinya. Malaikat akan membisikan " akhiri malammu dengan kebaikan" sedangkan setan mmbisikan "akhiri malammu dengan keburukan" Apabila dia dzikir di malam hari dengan menyebut nama Allah, maka malaikat akan menjaganya di malam itu" (HR Ibnu Hiban, Hakim dan disepaki Adz-Dzahabi).

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA