Mani Madzi

Fiqih Muamalah, 27 Januari 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz,

1. apakah mani dan madzi itu keluarnya banyak atau sedikit?

2. Pada suatu hari ada bekas kering di celana dalam saya dan sedikit. Saya tidak merasakan apa apa dan saya yakin itu madzi ustadz tapi terkadang ragu apakah itu mani. Bekas nya bening dan sedikit. Apakah itu mani atau madzi?

Mohon segera dijawab agar hati saya tenang ustadz.

Wassalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh.



-- Ragu Antara Mani Atau Madzi Ada Di Celana (Tasik)

Jawaban:

 Wa'alaikumussalaam wrwb.

Banyak dan sedikitnya madzi atau mani itu sangat relatif, akan bisa berbeda antara orang dengan yang lain dan juga berbeda karena perbedaan kondisi

Perihal keraguan anda apakah yang di celana anda itu mani atau madzi?, maka kalau sebelum tidur ada sebab yang dapat menggerakkan syahwat dan keluar madzi seperti mengkhayal (sesuatu) atau melihat( sesuatu), maka basah yang didapati dalam bajunya itu mendapatkan hukum madzi. Namun kalau sebelum tidur tidak ada sebab yang menjadikan keluar madzi, maka dia mengambil kehati-hatian dan memberlakukan hukum mani dan madzi secara bersama. Maka hendaknya dia mandi dan membasuh baju yang terkena, lalu melakukan wudu secara tertib saat mandi.

Dalam kitab ‘Matolib Ulin Nuha, (1/162) mengatakan, “Kalau orang tidur bangun dan mendapatkan sesuatu basah di tubuh atau pakaian atau tempat ranjangnya. Kalau benar diketahui itu mani, maka wajib mandi meskipun dia tidak ingat bermimpi. Al-Muwafiq mengatakan, Kami tidak mengetahui ada perbedaan (akan hal ini).

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA