Was-was Menghina Allah

Lain-lain, 14 Februari 2021

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh jd saya sdh menghadapi bisikan setan/bisikan kekufuran selama 5 bulan nah awalnya saya itu pernah ada bisikan ada Tuhan selain Allah lalu ada bisikan menghina Allah. Nah dulu saat saya dibisiki sprti itu pasti saya langsung kaget dan was² karena sy g pernah ada niat buat mengatakan hinaan tersebut. dan yg menjadi pertanyaan saya sekarang saya saat dibisiki kekufuran² tersebut hati saya itu tenang bgt kd setiap bisikan itu muncul saya udh ga was² lg, cuma disisi lain saya kadang suka mikir kalo bisikan tersebut saya yg mengatakan dan saya jg pernah mikir saya masih ada iman ato tidak ya? Jujur saya takut bgt cuma ntah kenapa hati ini rasanya tenang bgt😭. Apakah Allah memberi saya ketenangan biar ga was² lagi? Atau saya udh gaada iman lagi ya😭😭



-- Alya (Tangerang)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wanarakatuhu.

Alhamdulillah Anda telah dibebaskan dari penyakit was-was yang dulu sangat mengganggu hidup Anda. Bersyukurlah atas nikmaat itu agar Allah melipat gandakan nikmatNya. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Ketenangan menunjukkan Anda dalam kebenaran,karena kesalahan menyebakan kegelisahan dan keraguan. Ketenangan diberikan Allah kepada orang yang beriman, Allah berfirman:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗ وَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana (QS. Al Fath:4)

Ketenangan bukan pertanda Anda tidak lagi punya iman, tapi justru sebaliknya, ketengan tanda keimanan. Iman bisa naik dan turun, naik karena ketaatan dan turun disebabkan karena kemaksiatan. Maka jagalah keimanan Anda dengan mengistiqamahkan amalan meskupun sedikit. Karena sebaik-baik amal adalah amal yang dilakukan secara kontinya atau secara terus menerus. Rasulullah bersabda:

احَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HRMuslim)


wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc