Cara Sholat Khusyuk

Sholat, 9 April 2009

Pertanyaan:

Bagaiamana cara dan tips sholat khusyuk? Apakah orang yang bisa menangis dalam sholat dikatakan khusyuk? Boleh tidak berdoa dikala masih sholat ketika sujud dengan memakai bahasa Indonesia? Terima kasih.

-- Davit Huta Hayan (Curup)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Khusyu' adalah salah satu faktor penting bagi kesempurnaan shalat, karenanyalah ia (khusyu' dalam shalat) disebutkan Allah sebagai salah satu sifat dari orang-orang beriman yang beruntung (QS. 23:2).

Namun untuk mencapai tingkat khusyu', bukanlah perbuatan yang mudah, perlu ada upaya yang optimal dari setiap kita yang mau mencapai tinngkatan tersebut.

Ada beberapa tips, yang mudah-mudahan akan dapat membantu kita, agar bisa mencapai tingkat khusyu' :

1. Lakukan persiapan jauh sebelum mendirikan shalat ;  berwudhulah dan berdoalah setelahnya, ikuti suara muadzin dan berdoalah setelahnya, kemudian berangkatlah menuju shalat / masjid dengan tenang dan khusyu', masuklah masjid sesuai dengan adabnya, shalatlah sunnah qobliyah dan tunggulah hingga diberdirikan shalat, dan hindari untuk mendatangi shalat dengan tergesa-gesa.

2. Upayakan untuk memahami apa yang dibaca dalam shalat, sehingga dapat konsentrasi dan menikmati shalat.

3. Lakukan semua gerakan shalat dengan baik dan tumakninah, dan jangan sekali-kali menyamai / membarengi apalagi mendahului gerakan imam.

4. Upayakan untuk senantiasa konsentrasi dalam shalat dan yakinilah bahwa Allah merespon semua bacaan yang Anda baca.

5. Upayakan untuk senantiasa menganggap, bahwa shalat Anda ini adalah shalat perpisahan / yang terakhir, sehingga akan senantiasa termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

6. Hindari untuk tidak menahan semua yang bisa merusak konsentrasi shalat (jangan shalat dalam keadaan sangat lapar kecuali puasa, atau menyalakan kompor,  jangan menahan buang air kecil atau besar)

7.  Jauhi tempat shalat yang tidak kondusif (gaduh, bising, banyak gambar)

Dan menangis bukanlah jaminan bagi khusyu'-nya shalat seseorang, meskipun bisa jadi menjadi salah satu indikasi.

Berdoa ketika sujud sangat dianjurkan, tetapi tidak boleh dengan memakai bahasa indonesia, karena justru bisa membatalkan shalat.

Wallahu a'lam bishshawab, semoga Allah senantiasa berkenan  membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

-- Agung Cahyadi, MA