Hukum Menerima Pemberian Dari Tetangga Yg Berprofesi PSK

Fiqih Muamalah, 28 Oktober 2009

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya menerima pemberian seperti makanan dan lain-lain dari tetangga yang berprofesi PSK? Terima kasih atas penjelasannya.

-- Rojul (Denpasar)

Jawaban:

Assalamu 'alaikum wr wb,

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita untuk hanya menkonsumsi harta yang halal saja (QS. 2:168 & 172) dan karenanya melarang kita untuk menkonsumsi harta haram.

Profesi sebagai PSK adalah profesi haram dan dimurkai Allah, karena ia adalah perbuatan zina yang dilarang Allah dan bahkan termasuk dosa besar (QS. 17:32). Dan oleh karena itu, semua penghasilan yang didapatkan dari profesi sebagai PSK adalah haram hukumnya.

Dan karena penghasilan yang diperoleh seorang PSK adalah haram, maka segala bentuk pemberian dari seorang PSK juga haram hukumnya.

Namun ada satu hal yang semestinya juga wajib untuk kita lakukan terhadap saudara/tetanga kita yang berprofesi sebagai PSK, yaitu menolongnya, dengan cara mengajaknya (dengan cara yang baik) untuk kembali kepada jalan yang benar yang diridhoi Allah dengan cara segera bertaubat dan membantunya mencarikan alternatif kerja halal.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalu 'alaikum wr wb

-- Agung Cahyadi, MA