Bau Wangi Setelah Ada Saudara Meninggal

Aqidah, 21 Mei 2010

Pertanyaan:

Assalaamu'alaikum Wr Wb

Ustad, saya mau bertanya terkait saudara yang meninggal 2 minggu yang lalu. Saudara meninggal akibat kecelakaan lalulintas, setelah meninggal baik sebelum dan dimakamkan, istri pernah mencium bau wangi seperti bau melati segar. Kemudian setelah dimakamkan, saudara juga kadang-kadang mencium bau tersebut (beberapa hari yang lalu), padahal lokasi jenazah dimakamkan di Jawa Tengah, sedangkan saudara sudah berada di Jakarta. Demikian Ustad, mohon penjelasannya, apakah bau tersebut terkait dengan khusnul khotimah?

Sebelumnya saya ucapakan terima kasih, Wassalaamu'alaikum Wr Wb.


-- Untung Haryanto (Tangerang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Kalau sumber dari bau wangi tersebut tidak terdeteksi, maka berarti itu adalah masalah ghaib, yang tentunya kita tidak bisa memastikan, apakah itu adalah indikasi khusnulkhatimah atau yang lainnya.

Karenanya, berdo'a saja kepada Allah, semoga bau wangi tersebut sebagai indikasi dari khusnul khatimah dari saudara yang telah meninggal tersebut, dengan tetap bermohon agar Allah berkenan memberikan ampunan atas semua kesalahan dan khilaf dari saudara yang telah meninggal tersebut dan berkenan untuk menerima semua amal baiknya.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA