Tentang Talak

Pernikahan & Keluarga, 28 Juli 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pak ustadz yg saya hormati saya ada sedikit pertanyaan tentang talak.
jika seorang suami menjatuhkan talak 2 kepada sang istri, berapa lama masa iddahnya??

jika sang suami yang menjatuhkan talak tersebut rujuk kembali (masih dalam masa iddah) apakah harus dengan kerelaan sang istri??
bagaimana kalau istri tidak rela menerima rujuk dari suami sampai habis masa iddahnya, apakah sang istri sudah punya peluang untuk menerima pinangan laki2 lain??

Demikian pertanyaan saya pak ustadz, mohon bantuan jawabannya, kurang lebihnya mohon di maafkan kalau ada yang salah.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

-- Syam (Makassar)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Thalaq ke 2 sama dengan ke 1, namanya thalaq roj'i, yaitu thalaq yang masih diperkenankan untuk ruju'. Dan apabila thalaq tersebut telah jatuh, maka masa iddahnya wanita yang dithalaq adalah 3 quru' ( tiga kali haidh )

Dan dalam ruju', baik dilakukan dalam masa iddah atau dilakukan setelah habis masa iddah, harus dilakukan atas dasar suka rela, dalam arti tidak boleh ada unsur paksaan,  karenanya apabila suami mengajak istri yang sudah dithalaq untuk ruju', dan istri tidak menghendaki untuk ruju', maka suami tidak boleh memaksa istrinya untuk kembali menerima ajakannya untuk ruju'

Dan apabila seorang wanita yang dithalaq sudah habis masa iddahnya, dan ada yang meminangnya, maka wanita/mantan istri tersebut tentunya sudah bebas untuk menerima atau menolak pinangan tersebut, baik yang meminang tersebut mantan suaminya atau orang yang lain

Wallahu a'lam bishshowab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

-- Agung Cahyadi, MA