Penghasilan Dosen

Fiqih Muamalah, 5 Oktober 2010

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Istri saya seorang dosen di sebuah perguruan tinggi. Sebelum mengajar di kelas, ia belajar terlebih dahulu materi tsb di rumah. Dan ia belajar pada software bajakan, misal materi : Microsoft Excel, ia mempelajari Microsoft Excel bajakan yang di install di rumah. Selain itu ia juga menggunakan software bajakan untuk membuat slide modul untuk di ajarkan di depan kelas.

Materi atau ilmu yang ia ajarkan tidak bermasalah dengan hukum Islam. Yang menjadi pertanyaan saya adalah : Bagaimana penghasilan istri saya tsb dengan kondisi tsb ? Sebelum nya saya ucapkan Terima Kasih.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

-- Sofwan (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Meng-copy/install program/software tanpa seizin dari pemegang hak ciptanya adalah haram hukumnya.

Yang jadi pertanyaan berikutnya adalah (sebagaimana yang saya pahami dari pertanyaan anda) : bagaimanakah dengan hasil dari pemanfaatan barang haram (software bajakan) tersebut ?

Disni ada dua pendapat :

1. Sebagian ulama berpendapat : hasil/gajinya halal dengan tetap menanggung dosa membajak sofware hak orang lain tersebut

2. Imam Ahmad lebih berhati-hati dengan pendapat : Hasil/gajinya juga haram, karena sarana yang dengannya menghasilkan gaji tersebut haram. Rasulullah saw bersabda yang artinya :" Sesungguhnya Allah itu Baik, dan tidak menerima kecuali yang baik " ( HR.Muslim dan yangh lain )

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wrwb.

 



-- Agung Cahyadi, MA