Ragu Dengan Mantan Pacar

Pernikahan & Keluarga, 18 Oktober 2010

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Ustadz saya seorang perempuan usia 23 tahun semasa kuliah saya kenal dengan laki-laki dan berpacaran. hubungan kami diketahui dan direstui kedua orang tua kami. tapi kami kuliah ditempat yang berbeda dan setelah ada rencana lamaran tiba-tiba dia mendapat maslah dgn perempuan lain, perempuan itu hamil dan dia dpaksa untuk menikahinya.

Setelah pernikahan itu dan bayi mereka meninggal diapun menyesali semuanya dan tidak mau melepaskanku. Dia ingin menceraiakan istrinya dan menikahiku. Jujur persaan sayangku masih ada untuknya. Dua tahun sampai saat ini sy blm bs melupakannya, dan menerima orang lain. Di setiap sujud saya selalu meminta petunjuk kepada ALLAh tapi tetap saja dia tidak hilang dari hidupku.

Pertanyaanku: saya haruz bgmn ustad ? Terimakasih, sy mohon ustad mau membantuku...



-- Nida (Palu)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Agama kita Islam memerintahkan kepada kita agar kita tidak berspekulasi dalam urusah nikah, Rasulullah saw telah menetapkan parameter bagi calon suami/istri, yaitu yang baik agtama dan akhlaknya

Rasulullah saw bersabda tentang parameter calon suami yang kurang lebihnya artinya :" Apabila datang kepada kalian ( para wali ) laki-laki yang kalian ridhoi agama dan akhlaqnya, maka nikahkanlah anakmu (wanita) dengannya "

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka memperhatikan apa yang telah anda ceritakan tentang calon yang anda inginkan (telah berzina bahkan akan menceraikan istrinya yang sah tanpa adanya alasan yang syar'i), maka bisa disimpulkan bahwa ia bukanlah laki-laki yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Rasulullah saw sebagai calon suami ideal.

Untuk itu akan lebih baik bagi anda untuk mencari  atau minta tolong untuk dicarikan calon yang baik (sesuai dengan kriteria Rasulullah saw) dan anjurkan laki-laki mantan calon anda tersebut untuk segera bertaubat dari dosanya dan membangun keluarganya dengan baik.

Wallahu a'lam bishshowab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA