Apa Yg Harus Dilakukan Bila Mendengar Orang Tua Selingkuh?


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr.wb.
Saya ingin bertanya apa yang harus saya lakukan bila mendengar kabar bahwa ibu saya selingkuh? Apakah saya harus diam saja dan membiarkan semuanya mengalir seakan tidak terjadi apa-apa, ataukah saya harus mengkorfirmasi beritu itu ke ibu dan mengingatkan sebelum terjadi sesuatu hal yang parah, namun itu pasti akan menyakiti hati ibu saya...
Terimakasih sebelumnya. Wassalamu'allaikum Wr.Wb

-- Melati (Cilegon)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Selingkuh adalah perbuatan dosa besar yang diharamkan dalam agama Islam, yang oleh karenanya wajib diingkari.

Sebagai seorang anak, Anda adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk menyelamatkan ibu Anda dari murka Allah, dengan menjauhkannya dari kemungkaran, tentunya dengan cara yang bijaksana yang karenanya tidak menimbulkan kemungkaran yang lebih besar.

Untuk itu, berkaitan dengan kasus yang Anda tanyakan, sebaiknya Anda lebih dulu menkonfirmasi kepada ibu tentang kebenaran berita tersebut, dengan cara yang baik. Apabila beritanya memang benar, maka Anda berkewajiban untuk menyelamatkan ibu Anda dari perbuatan dosa tersebut, sekali lagi dengan cara yang bijak, pada waktu yang paling kondusif dan upayakan untuk Anda lakukan dalam suasana kasih sayang, dari hati ke hati.

Semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, membimbing kita ke jalan yang diridhoi-Nya dan menyelamatkan kita semua dari murka-Nya.

Wallahu a'lam bishowab. Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA