Jika Suami Sudah Berselingkuh

Pernikahan & Keluarga, 13 Juni 2011

Pertanyaan:

Aslkm, Pak Ustadz. Saya mempunyai 2 anak dan suami sy sdh berhubungan dg perempuan lain smpai jauh. Skrng dia mnta maaf dan ingin kembali ke saya. Namun hati kecil saya sudah tdk bs menerima kembali, Pak Ustadz. Karena sesuatu yang dijalankan terpaksa akan tidak baik. Skrng saya pisah rumah dg suami. Menurut Pak Ustadz langkah apa yg harus sy ambil? Terus terang sy sudah berdoa dan mnta ptnjuk Allah mana yg terbaik buat kita. Mohon bantuannya. Wassalam.


-- Rika (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Selingkuhnya suami anda itu adalah perbuatan dosa besar, tetapi dosa tersebut tidak otomatis menyebabkan jatuhnya talaq, artinya meskipun sekarang anda pisah tempat dengan suami, tetapi anda masih tetap bestatus sebagai seorang istridari suami anda.

Dan menurut saya, seyogyanya anda tidak terburu-buru untuk minta cerai kepada suami, apalagi sauami telah mengaku salah dan minta maaf, karenanya apabila ia mau bertaubat dan memperbaiki diri, maka sebaiknya anda menerima dengan penuh kerelaan maksud baik suami anda, semoga Allah berkenan untum memberikan yang terbaik dan ridho-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA