Jadi Pengusaha Atau Karyawan?

Pernikahan & Keluarga, 22 Juni 2011

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Ustadz yang dicintai Allah dan demi Rasul Allah Muhammad SAW yang kami cintai.

Ustadz hati ini sedang tidak tenang rasanya sedang ada pertentangan batin. Saya berencana keluar dari pekerjaan saya karena merasa sudah tidak cocok dengan pekerjaan dan atasan saya, saya tidak bisa bekerja dengan tenang senantiasa was-was karena ditekan dan selalu dicari-cari kesalahan yang pada akhirnya karena cemas malah saya terus berbuat salah . Saya ingin bekerja mencari ketenangan batin , saya ingin berwiraswasta dalam waktu dekat, namun belum ada proyek baru walau saya yakin Allah Maha Kaya namun istri saya minta waktu 3 bulan sebelum saya mengundurkan diri. Saya sudah mempunyai anak 2 orang rencana mau masuk TK. . Kalau bukan karena keluarga tentu saya sudah berhenti dari sejak lama. mohon saran dan doanya pak ustadz bagaimana sebaiknya, sambil menunggu kepastian dari Allah saya berkonsultasi dan terus berdzikir dan berdoa serta sholat istikharah..

Semoga Bp.Ustadz senantiasa diberkahi Allah SWT, Ya Allah tunjukilah jalan yang lurus.
Wassalamualaikum warahmatullhi wabaarakaatuh.

-- Salman (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Sebetulnya apa yang sekarang anda rasakan, insya Allah juga banyak dirasakan oleh saudara-saudara kita yang lain, dan itulah memanag resiko bagi seseorang  yang bekerja sebagai karyawan yang tidak sefaham dengan sesama karyawan, apalagi dengan atasannya.

Tetapi, saran kami seyogyanya sebelum anda memutuskan untuk keluar dari tempat kerja, pastikan anda sudah punya alternatif kerja lain, agar nantinya  anda tidak menghadapi problem baru yang bisa jadi akan menyulitkan anda dan keluarga, apalagi anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak yang tentunya sangat membutuhkan kepastian nafkah.

Berupayalah dengan maksimal dan jangan lupa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, dengan senantiasa meningkatkan ibadah dan memperbanyak do'a kepada Allah.

Semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan dan ridho-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA