Imam Sudah Rukuk Pada Sholat Jamaah

Sholat, 2 Agustus 2011

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad. Saya ingin bertanya :
Suatu kondisi saya ikut sholat berjamaah , baru saja habis niat sholat, tapi imam sudah rukuk dan saya belum membaca bacaan sholat secara penuh, bagaimana hukumnya pak? Yang belum membaca bacaan sholat/ belum penuh membaca bacaan sholat dalam kondisi tersebut.
Sekian. Wassalamualaikum.


-- Mohammad Zulfa (Kudus)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, yang dipakai dasar oleh sebagian ulama' ( imam Syafi'i, Abu Hanifah dan yang lain ) untuk membenarkan sempurnanya shalat seseorang yang belum sempat membaca Al Fatihah dalam shalat berjama'ah, sebagaimana yang telah anda lakukan, Hadits terebut artinya kurang lebih sebagai berikut : " Apabila kalian datang ke Masjid dan mendapati imam dalam keadaan sujud, maka sujudlah kalian ( setelah takbirotul ihrom tentunya ), namun jangan engkau menganggap sujudmu dalam hitungan satu roka'a, tetapi barang siapa yang dapat mengikuti ruku' imamnya ( datang ke masjid, imam dalam keadaan ruku', langsung ia  ruku' setelah takbir ), maka shalatnya telah sempurna ".

Maka berdasarkan hadits tersebut, menurut ulama' ( yang menjadikan hadits tersebut sebagai dasar hukum ), shalat anda telah sempurna, dalam arti ketika imam salam, anda tidak lagi berkewajiban menambah satu raka'at lagi.

Wallahu a'lam bishshawab.

Wassalamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA