Halalkah Gaji Suami Saya?

Fiqih Muamalah, 19 Agustus 2008

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum. Suami saya bekerja di Bank Konvensional. Halalkah gajinya? Tapi saya pernah membaca ada salah satu fatwa yang belum disahkan, yang menjelaskan bahwa gaji dari pegawai bank konvensionlal tidak haram. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

-- Ratu (Kuningan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb

Ada dua hadits yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menjawab pertanyaan ibu Ratu :

1. Hadits riwayat Imam Tirmidzi, disebutkan dalam hadits tersebut bahwa salah satu yang akan ditanyakan dari setiap kita dalam pengadilan Allah di hari Kiamat nanti ialah: "tentang harta", dari mana sumbernya dan untuk apa digunakan?

2. Hadits riwayat Imam Muslim yang artinya "Allah melaknat orang yang makan riba dan yang memberikan makan riba". Ditambahkan dalam riwayat Imam Tirmidzi dan yang lainnya: "dan Allah melaknat yang menulisnya dan yang menyaksikannya".

Berdasarkan dua hadits tersebut diatas, seyogyanya kita harus super hati-hati dalam mencari sumber penghasilan kita, untuk menjamin kehalalan penghasilan kita.

Sementara bank konvensional adalah bank yang memberlakukan sistem bunga, dan bunga bank menurut para ulama - termasuk menurut fatwa MUI - adalah termasuk riba yang diharamkan.

Dan karenanya, kami berharap pada ibu Ratu, untuk secepatnya memberitahukan kepada suami dengan cara yang bijaksana dan penuh kelembutan, tentang kebenaran ajaran agama kita tersebut, agar suami juga dapat segera bersikap dengan segera mencari alternatif pekerjaan yang lebih kondusif.

Semoga Allah segera berkenan memberikan kemudahan dan membimbing kita semua kejalan yang diridhoi-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab.



-- Agung Cahyadi, MA