Haji Sendiri Atau Bersama Istri

Haji & Umrah, 21 Desember 2011

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wrwb.
Saya ingin menanyakan tentang haji:
1. Saya mendapat program haji dari kantor saya bekerja, namun saya diharuskan menandatangani perjanjian tidak akan mengundurkan diri dalam waktu 1 tahun setelah menunaikan ibadah haji, bagaimana hukumnya?
2. Berkaitan dengan No. 1, yang mendapat program haji hanya saya sendiri tidak dengan istri dan sudah didaftarkan 2 tahun yang lalu dan menurut perkiraan berangkat tahun depan, namun saya berencana untuk bisa mengajak istri bersama-sama berhaji dan insya Allah akan saya daftarkan dengan biaya sendiri. Menurut informasi bahwa jika mendaftar tahun ini kemungkinan berangkat tahun 2018. Mohon nasehatnya mana yang lebih utama apakah saya berhaji sendiri tahun depan atau saya harus mengundurkannya dan berangkat haji bersama istri sekitar 6 tahun lagi?
Terimakasih. Wassalamu'alaikum wrwb.


-- Daryanto (Cilegon)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Insya Allah untuk poin yang pertama hukumnya boleh dan tidak ada yang perlu dipermasalahkan
Dan untuk poin yang kedua, akan lebih baik kalau tahun depan haji sendiri dan enam tahun kemudian haji lagi untuk menemani istri, kecuali kalau hajinya istri dapat dimajukan ke tahun depan, sehingga langsung dapat haji bersama. tetapi kalau waktu haji istri tidak dapat dimajukan,maka menurut saya akan lebih bapak yang mundur untuk bisa berhaji bersama istri

Wallahu a'lam bishshawab

Wassalamu 'alaikum wrwb



-- Agung Cahyadi, MA